Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2020, 15:45 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Bicyling

KOMPAS.com - Terlepas dari olahraganya yang sedang menjadi tren, bersepeda memang aktivitas fisik yang menyenangkan.

Tak sedikit orang yang mulai bersepeda demi menurunkan berat badan. Alasan itu tentu tidak menjadi masalah, tapi Anda juga perlu melakukan sejumlah hal agar aktivitas bersepeda menjadi optimal dan target berat badan dapat tercapai.

1. Jaga massa otot

Bersepeda memang bisa membantu membakar kalori. Tapi, kalori yang dibakar itu tidak selalu lemak tapi juga jaringan otot. Itulah mengapa banyak pesepeda yang menjadi lebih kurus, tetapi juga lemah di atas sepeda.

Jangan lupa bahwa otot juga membakar kalori. Semakin banyak volume otot yang kita miliki, akan semakin banyak kalori yang dibakar meskipun sedang tidak berolahraga.

Jadi, jangan kekuarangn protein dan lakukan latihan kekuatan untuk menjaga hilangnya otot ketika berat badan turun. Latih otot bagian tubuh atas, sebab bersepeda utamanya menggerakkan tubuh bagian bawah.

Baca juga: Simak, Tips Bersepeda Sambil Melatih Otot

2. Makan seimbang

Para atlet menjaga ketahanan mereka dengan makan karbohidrat lebih untuk bahan bakar saat bersepeda, lemak untuk merasa lebih kenyang, dan protein untuk membantu pemilihan otot setelah olahraga.

Cobalah mengonsumsi nutrisi secara seimbang. Anda bisa mulai dengan perubahan kecil. Misalnya, jika sebelumnya makan semangkuk besar pasta, cobalah untuk hanya makan setengah mangkuk dan memenuhi sisanya dengan daging tanpa lemak tinggi protein dan salad. Anda bisa juga mengganti gula olahan dengan makan buah-buahan.

3. Mengatur jarak dan durasi

Kita tidak harus bekerja terlalu keras untuk mendapatkan perubahan. Nah, Anda bisa memilih bersepeda jarak jauh misaknya seminggu sekali. Sebab, bersepeda jarak jauh (hingga 6 jam) dapat membantu membakar banyak lemak dan memberikan ketahanan tubuh.

Namun, ketika tidak punya banyak waktu, Anda tetap bisa bersepeda dengan durasi singkat, seperti 30 menit, untuk menurunkan berat badan. Agar efektif, cobalah melakukan latihan interval.

Baca juga: Perlukah Pemanasan Sebelum Bersepeda?

Halaman:
Baca tentang
Sumber Bicyling
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com