Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2020, 16:18 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber asiaone

KOMPAS.com— Menutup mulut dengan masker memang sebuah kewajiban di era pandemi ini, tapi waspadai juga efek samping yang tidak menyenangkan, terutama bau mulut.

Lalu, apa yang menyebabkan bau mulut saat mengenakan masker?

“Masker itu tidak membuat kita mengalami bau mulut," kata dokter gigi Mark S. Wolff, yang juga menjadi dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Pennsylvania 

“Masker membuat kita lebih sadar bahwa kita memiliki bau mulut,” imbuh Mark yang telah menghabiskan bertahun-tahun meneliti mengapa napas kita kadang-kadang berubah menjadi bau.

Dengan kata lain, sebenarnya selama ini kita sudah memiliki bau mulut tapi tidak menyadarinya. 

"Seolah-olah kita menangkupkan tangan kita di depan wajah kita untuk menguji napas kita. Tetapi itu dilakukan sepanjang waktu,” katanya kepada South China Morning Post.

Bau mulut sebenarnya hal yang banyak dialami masyarakat. Menurut Akademi Kedokteran Gigi Umum AS, hingga 80 juta orang memiliki bau mulut.

Baca juga: Cara Ampuh Mencegah Bau Mulut Selama Berpuasa

Mulut kita sudah dipenuhi bakteri, ditambah sisa makanan yang kita makan terselip di antara gigi kita, di bawah gusi kita, di belakang lidah kita dan di dalam sinus kita.

Koh Chu Guan, seorang konsultan senior kedokteran gigi mengatakan bahwa udara lembab penuh bakteri dihasilkan ketika kita bernafas, terutama melalui mulut kita, dan terperangkap dalam kain masker kita. Ketika mengering, berpotensi meninggalkan bau pada kain.

Untuk jenis kain tertentu dapat membuat aroma tidak bertahan lama karena tekstur kain yang tipis dan berongga, tetapi itu tidak berarti bahwa pemakainya tidak memiliki bau mulut. Mereka hanya kurang menyadarinya.

Cara untuk mengurangi bau mulut

Ingin menyingkirkan bau itu saat mengenakan masker? Selain menghindari makanan yang menyengat, berikut ini yang bisa kamu lakukan.

1. Bernafas lebih sedikit melalui mulut

Kamu mungkin secara tidak sadar menggunakan mulut untuk bernafas lebih banyak ketika mengenakan masker karena hidung yang tertutup. Ini juga terjadi jika hidung tersumbat. Mulut menjadi lebih kering, yang secara alami membuat napas lebih berbau busuk.

Baca juga: Bukan Hanya Bau Mulut, Ada Masalah Lain karena Lidah Kotor

2. Bicara lebih sedikit dan minum lebih banyak air

Halaman:
Sumber asiaone
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com