Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepatu Terbaik dan Terburuk untuk Kaki Kita, Menurut Studi

Kompas.com - 25/07/2020, 13:03 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sepatu adalah item yang sejatinya dibutuhkan untuk melengkapi penampilan kita secara keseluruhan.

Namun, ada anggapan bahwa kaki kita sebenarnya tidak memerlukan sepatu. Mengapa demikian?

Menurut Daniel Lieberman, chair of Department of Human Evolutionary Biology di Harvard University bersama tim penelitinya, kelengkapan sepatu seperti peredam getaran dan bantalan sebenarnya membuat kaki kita menjadi lebih lemah dan lebih rentan cedera.

Riset ini mempelajari dampak berlari menggunakan sepatu versus telanjang kaki.

Hasilnya, melindungi kaki dengan sepatu justru bisa berisiko dalam jangka panjang.

"Saat kita berjalan menggunakan sepatu, kaki kita menekan bantalan sebagai pengganti permukaan tanah keras yang membuat otot-otot di kaki hanya bekerja lebih sedikit dibandingkan jika kita bertelanjang kaki."

Demikian kata Lieberman kepada majalah Time.

Baca juga: Manfaat Berjalan dengan Kaki Telanjang

Jika otot kaki tidak dilatih dengan benar karena bantalan sol yang nyaman, risiko cedera dan masalah kaki seperti flat feet (kaki datar) meningkat.

Kaki datar adalah kondisi di mana lengkungan yang seharusnya terdapat di telapak kaki menjadi rata.

Namun, sepatu kets atau sneaker masih menjadi pilihan lebih baik dibandingkan sepatu hak tinggi, di mana jenis sepatu ini dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan.

Di samping rasa tidak nyaman, memakai sepatu hak tinggi dapat mengubah struktur otot betis kita, serta menyebabkan masalah persendian dan nyeri otot.

Semua risiko tersebut akan meningkat seiring bertambahnya usia, yang artinya kaki kita tidak akan pernah terbiasa memakai sepatu hak tinggi.

Sepatu yang memiliki ukuran terlalu sempit juga dapat merusak kondisi kaki kita, dan berpotensi menyebabkan kelainan bentuk kaki, menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli penyakit kaki Hylton Mez.

Baca juga: Sepatu Hak Tinggi Bukan Cuma Mengganggu Kesehatan Kaki

Lalu, apa yang harus kita pakai sebagai alas kaki?

Peneliti menyebutkan, alas kaki paling sehat berbeda-beda bagi setiap orang, tergantung usia, kondisi kesehatan, dan berat badan.

Sebagian besar ahli menyebutkan, karena sulit bagi kita untuk sama sekali tidak memakai sepatu, maka sepatu dengan bantalan dan pendukung kaki dianggap cocok untuk kaki.

Bagi Lieberman, pilihan yang paling baik adalah sepatu minimalis, atau sepatu yang membuat kita terasa seperti bertelanjang kaki.

Namun guna memastikan sepatu kita tidak memberi risiko cedera pada kaki, Lieberman merekomendasikan untuk sering mengganti sepatu yang biasa kita pakai dengan sepatu lain atau bertelanjang kaki, agar kita melatih semua otot secara merata dan menghindari cedera akibat stres.

Baca juga: Kenali Tipe Telapak Kaki Sebelum Memilih Sepatu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com