Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/07/2020, 09:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Konsumsi sayuran memang identik dengan kesehatan, termasuk jika Anda ingin terus awet muda. Menurut studi terbaru, mengonsumsi lebih banyak sayuran merupakan kunci untuk hidup lebih lama.

Pola makan tinggi protein nabati, seperti kacang-kacangan atau polong-polongan, serta serelia utuh, terkait erat dengan penurunan risiko diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

Sebaliknya, terlalu sering mengonsumsi protein hewani bisa mendatangkan berbagai masalah kesehatan.

Kendati demikian, sejumlah ilmuwan menyebut ada temuan yang hasilnya berlawanan antara tipe protein yang dikonsumsi dengan risiko kematian.

Untuk itulah peneliti melakukan analisis 32 penelitian yang menguji risiko kematian dari penyakit jantung, kanker, dan penyakit lain, pada orang berusia di atas 19 tahun. Lebih dari 715.000 responden terlibat dalam studi tersebut.

Hasilnya menunjukkan, konsumsi protein nabati terkait dengan penurunan risiko kematian 8 persen lebih rendah dari berbagai penyebab, dan 12 persen lebih rendah dari penyakit jantung.

Walau begitu, jangan takut mengonsumsi protein hewani, karena hasil studi juga menyebut konsumsi daging, telur, atau susu, tidak secara signifikan terkait dengan risiko kematian karena kanker atau penyakit jantung.

Manfaat dari konsumsi protein nabati antara lain menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan juga kadar gula darah. Hal ini tentu membuat kita lebih sehat dan panjang umur.

Baca juga: Cara Menyimpan Sayur Agar Tetap Segar Berbulan-bulan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com