Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinder Ungkap Bagaimana Kebiasaan Kencan Berubah Selama Pandemi

Kompas.com - 27/07/2020, 22:38 WIB
Gading Perkasa,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Sejak pandemi dimulai di awal tahun 2020, orang-orang mulai meninggalkan cara lama saat berkencan.

Namun, studi terbaru dari aplikasi kencan online, Tinder telah mengungkap, pandemi tidak mengurangi niat orang berkencan.

Berada di rumah dan rasa bosan memainkan peran penting. Di Inggris, setelah tiga minggu memasuki lockdown nasional, Tinder mencatat peningkatan 63 persen dalam pesan yang dikirim, dibandingkan bulan sebelumnya.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Membuat Para Pengguna Tinder Tak Melulu Bicara Seks

Orang berusia lebih muda bahkan menjadi lebih aktif. Pada pertengahan April 2020, pengguna berusia antara 18-25 tahun mengirimkan 73 persen pesan lebih banyak dibandingkan mereka yang berusia di atas 26 tahun.

Pengguna demografis tertinggi juga berasal dari orang-orang di Spanyol, di mana mereka mengirimkan hampir dua kali lipat isi pesan seperti yang mereka lakukan di awal lockdown.

Sekali lagi, kebosanan karena harus mengisolasi diri di rumah menjadi faktor penting. Spanyol memiliki salah satu periode lockdown relatif panjang dan ketat di Eropa pada tahap awal pandemi.

Kendati isi pesan meningkat, tingkat percakapan yang terjadi tidak terlalu signifikan.

Temuan Tinder juga mengungkap percakapan selama pandemi berfokus pada topik seputar masker wajah, seperti "garis cokelat karena memakai masker" dan "jika kamu memakai masker saat joging, kita tidak akan serasi."

Baca juga: Aplikasi Tinder, Jalan Lain Mencari Info Virus Corona di Wuhan

Banyak cara hangout atau berkumpul yang lebih kreatif di saat makan malam atau minum di luar rumah, tak lagi bisa dilakukan dengan aman.

Tak heran jika game Nintendo, Animal Crossing menjadi pilihan yang populer, meningkat lima kali lipat selama masa lockdown, dan para peserta studi menyebut pertemuan virtual di dalam game adalah kencan pertama mereka yang ideal.

Saat pengguna aplikasi kencan beralih ke opsi tatap muka secara virtual, Tinder melihat kesempatan itu.

Saat ini Tinder sedang menguji fungsionalitas video tatap muka, yang memungkinkan pengguna mengambil bagian dalam kencan virtual di tengah pembatasan sosial yang berlanjut.

Baca juga: Ingin Dapat Pacar di Tinder? Hindari Pesan Pembuka Seperti Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com