Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/07/2020, 09:55 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com— Rosemary adalah herbal yang dikenal karena harum daunnya yang menyenangkan. Sering dipakai dalam masakan, herbal yang berasal dari wilayah Mediterania ini masuk dalam kelompok tanaman mint, yang juga termasuk oregano dan basil.

Rosemary memiliki manfaat sebagai bumbu makanan dan pengobatan karena sifat antibakteri dan antioksidannya, menurut Medical News Today.

Rosemary bahkan dianggap oleh Uni Eropa sebagai pengawet karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Dalam sejarah bahkan terungkap manfaat lain rosemary yang diyakini dapat meningkatkan kesehatan otak. Pada zaman Yunani kuno, para siswa diminta makan rosemary agar tampil lebih baik dalam ujian.

Beberapa peneliti mengatakan bahwa asam carnosic yang ada dalam tanaman ini melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Baca juga: Mencium Aroma Rosemary Bisa Pertajam Ingatan

Ini karena stres oksidatif dilawan oleh antioksidan dalam rosemary, karena itu mencegah penyakit neurodegeneratif atau penurunan fungsi saraf. 

Baik minum air rendaman rosemary atau menghirup minyak esensial rosemary diklaim bisa meningkatkan fungsi kognitif.

Sebuah studi yang dipimpin oleh Andrew Pengelly, PhD dari Departemen Kedokteran Herbal Institut Tai Sophia di Maryland, meneliti dampak bubuk daun rosemary kering pada peningkatan kinerja kognitif.

Penelitian melibatkan 28 bukan perokok dengan kesehatan stabil dan rata-rata berusia 75 tahun diberi berbagai dosis bubuk rosemary. Mereka kemudian menjalani tes komputerisasi untuk memeriksa tingkat kinerja kognitif mereka.

Para peserta diuji lima kali setelah menerima dosis yang berbeda secara acak.  Ketika hasilnya dianalisis, para peneliti menemukan bahwa dosis terendah (750 mg) meningkatkan kecepatan memori lebih dari dosis tertinggi, yang memiliki efek sebaliknya.

Ini menunjukkan bahwa sejumlah kecil yang dikonsumsi melalui makanan adalah cara terbaik untuk memperoleh manfaat. Demikian kesimpulan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food pada Januari 2012.

Penelitian lain juga mengungkap, ketika kita menghirup aroma rosemary di kantor maka akan terjadi perubahan mood menjadi lebih baik dan juga kinerja otak.

Baca juga: Benarkah Thermo Gun yang Diarahkan ke Dahi Bisa Merusak Otak?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com