Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/07/2020, 10:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

KOMPAS.com - Musim panas biasanya membuat anak-anak lebih bahagia menikmati aktivitas di luar ruangan. Tapi, seperti yang kita tahu, bermain di luar ruangan bukan tanpa risiko. Anak bisa terjatuh atau bahkan digigit serangga.

Jika itu terjadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah hadapi dengan tenang dan jangan panik.

Dokter gawat darurat Baruch Fertel, MD, akan membantu memberi penjelasan bagaimana mengatasi gigitan serangga pada anak.

Baca juga: Usir Serangga Pembawa Kuman dengan Wangi Sereh

Lebah

Nyeri, kemerahan, dan pembengkakan di sekitar lokasi sengatan lebah atau tawon adalah reaksi yang normal.

Pembengkakan dapat meluas di luar area sengatan - seperti ke seluruh kaki akibat sengatan pada pergelangan kaki. Sengatan lebah atau tawon biasanya juga gatal.

Yang harus dilakukan

Hapus sengat lebah sesegera mungkin. Bersihkan area sengatan dan oleskan dengan es. Kemudian orangtua juga dapat menggunakan losion kalamin atau krim hidrokortison untuk mengurangi rasa gatal.

"Jika anak mengeluh sakit, berkonsultasilah dengan dokter anak untuk mengetahui apakah orangtua harus memberikan antihistamin," kata Dr. Fertel.

Kapan harus menghubungi dokter?

Dalam kasus yang jarang terjadi, anak mungkin mengalami syok anafilaksis, jika mereka memiliki alergi terhadap sengatan lebah.

Jika anak memiliki alergi terhadap hal-hal lain, seperti serbuk sari, debu, atau asma, mungkin ada baiknya berbicara dengan dokter anak tentang pengujian alergi selama musim lebah.

“Jika anak memiliki alergi terhadap lebah, dokter kemungkinan akan memberi resep EpiPen®. Pastikan menyimpannya saat berada di luar ruangan. Antihistamin juga dapat membantu meredakan alergi, ”kata Dr. Fertel.

Tanda-tanda reaksi alergi:

- Kulit kemerahan.

- Pembengkakan (wajah, tenggorokan atau mulut).

- Mengi atau kesulitan menelan.

- Gelisah.

- Denyut nadi cepat.

- Pusing atau kehilangan kesadaran.

Jika reaksi tersebut muncul, dapatkan pengobatan darurat secepatnya. Reaksi alergi yang parah dan tidak biasa, dapat menyebabkan syok anafilaksis, henti jantung, dan tidak sadarkan diri dalam 10 menit atau kurang. Jenis reaksi ini bisa mengancam jiwa.

Baca juga: 6 Tips Agar Terhindar Dari Sengatan Lebah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com