Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantongi Omset Berlipat dengan Jual Bokser Saat Pandemi

Kompas.com - 30/07/2020, 19:51 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com – Sempat mengalami penurunan penjualan di awal masa pandemic, kini Cottonology, merek busana siap pakai khusus pria, kembali bangkit, bahkan mengantongi omset berlipat setelah banting setir menjual celana bokser.

Pandemi Covid-19 memang mengubah banyak hal, termasuk dalam cara kita berpakaian. Ketika hampir semua orang lebih banyak beraktivitas dari rumah, kebutuhan akan baju yang nyaman dan santai pun meningkat.

Pendiri dan CEO Cottonology, Carolina Danella.Dok pribadi Pendiri dan CEO Cottonology, Carolina Danella.
Cottonology, merek asal Bandung yang selama ini lebih banyak menjual kemeja pria, kini kebanjiran permintaan akan celana bokser yang nyaman untuk di rumah.

Pendiri Cottonology, Carolina Danella, mengatakan produk celana tidur ini sebenarnya sudah diproduksi sebelum pandemi.

Baca juga: Usaha Penyanyi Kafe, Bikin Bisnis Baju Muslim Beromzet Miliaran Rupiah

“Waktu itu kami memang ingin membuat produk baru, karena penjualan kemeja sudah bagus. Sejak awal kami tidak menduga celana bokser ini akan booming,” kata wanita yang lebih akrab disapa Olin ini dalam wawancara dengan Kompas Lifestyle secara virtual.

Walau ada pandemi, menurut Olin, ternyata daya beli konsumen tidak terlalu turun. Namun, memang ada pergeseran.

“Kalau dulu kita membeli baju baru untuk hangout, sekarang yang dibeli baju-baju rumah,” kata wanita yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang politik dan ekonomi dari University of Caroline, Berkeley ini.

Ia mengatakan, sejak pandemi penjualan bokser dari Cottonology mengalami peningkatan hingga dua kali lipat. Ia pun sampai menambah tenaga penjahit dengan memberdayakan masyarakat sekitar.

“Sebelum pandemi, kami punya penjahit kurang lebih 10 orang. Sekarang sejak ada peningkatan pembelian, jadi dua kali lipat. Kami mengajarkan pada tetangga sekitar untuk menjahit sesuai standar kami,” katanya.

Sama seperti wirausaha fesyen lain, ia pun mengaku sempat memproduksi masker di awal pandemi agar bisnisnya dapat bertahan.

Celana bokser produksi Cottonology.Dok Cottonology Celana bokser produksi Cottonology.

Menawarkan kualitas

Olin mengaku Cottonology berani bersaing dengan merek fesyen dari luar negeri karena memberikan produk berkualitas tinggi.

“Semua produksi kami handle sendiri, mulai dari benang, warna yang pewarnanya kami impor dari Jepang, hingga jadi kain dan dijahit. Kami bisa mengontrol kualitas produk,” paparnya.

Cottonology yang didirikan tahun 2017 ini merupakan bagian dari PT GM Textile, perusahaan yang telah eksis di Indonesia lebih dari 60 tahun dengan fokus pada produksi kain tenun.

Harga celana bokser berbahan katun yang ditawarkan Cottonology berkisar dari Rp 75.000 – Rp 200.000, sementara kemeja mulai dari Rp 90.000.

Baca juga: Kadin: Sekitar 30 Juta UMKM Tutup karena Pandemi Covid-19

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com