Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi: Konsumsi Protein di Malam Hari Picu Peningkatan Gula Darah

Kompas.com - 02/08/2020, 11:22 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menu makan malam yang mengandung lebih banyak protein bisa menjadi alternatif sehat pengganti karbohidrat sebelum kita tidur.

Pada keesokan harinya, sebelum kita mulai beraktivitas, kita dapat mengonsumsi sarapan yang kaya akan protein dengan tujuan untuk menguatkan otot.

Namun, konsumsi protein pada malam hari sebelum tidur dan keesokan pagi menjelang kita beraktivitas dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh kita.

Hasil itu terungkap dari studi yang dipresentasikan di konferensi virtual The Physiological Society baru-baru ini.

Para peneliti meminta 15 pria dan wanita muda yang sehat untuk menguji kadar gula darah mereka setelah makan.

Partisipan dibagi menjadi dua kelompok. Dalam satu sesi, mereka bangun pada jam 4 pagi, dan satu kelompok diminta minum air putih sedangkan kelompok lain mengonsumsi makanan ringan yang mengandung 63 gram protein susu.

Semua partisipan kembali tidur, dan lima jam kemudian mereka sarapan bubur dan sampel darah dikumpulkan dua jam setelahnya untuk memeriksa kadar glukosa.

Satu minggu berselang, partisipan bertukar posisi. Kelompok yang minum air putih saat bangun di malam hari beralih mengonsumsi makanan dengan protein, sedangkan kelompok yang mengonsumsi protein beralih minum air putih.

Rutinitas partisipan setelah itu tetap sama. Mereka kembali tidur, bangun untuk sarapan dan memeriksakan kadar glukosa.

Para peneliti menemukan, orang-orang yang mengonsumsi 63 gram protein di tengah malam memiliki kadar gula darah yang secara signifikan lebih tinggi setelah sarapan dibandingkan saat mereka hanya minum air putih.

Baca juga: Berapa Banyak Protein yang Kita Butuhkan Setiap Hari?

Meskipun ukuran sampel studi terbilang kecil dan jangka waktunya pendek, ketua studi Eleanor Smith, M.Sc., dari Liverpool John Moores University dan University of Bath, mengatakan studi ini perlu diperhatikan karena hasilnya tidak terduga.

Mengonsumsi camilan beberapa jam sebelum makan dapat membantu mengendalikan kadar gula darah, sehingga para peneliti mengantisipasi bahwa hal itu juga terlihat dalam studi ini.

"Kami bertanya-tanya apakah bangun di malam hari untuk mengonsumsi protein dapat menurunkan gula darah keesokan paginya," kata Smith kepada Runner's World.

"Namun yang mengejutkan, respon gula darah terhadap sarapan lebih tinggi saat partisipan mengonsumsi protein pada jam 4 pagi dibandingkan air putih."

Meski peningkatan gula darah dari konsumsi protein masih perlu diteliti, ia berpendapat tubuh tidak membutuhkan banyak makanan di malam hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com