Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepatu Terlarang yang Dipakai Michael Jordan Bakal Dirilis, Penasaran?

Kompas.com - 02/08/2020, 20:49 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Sepatu legendaris milik Michael Jordan, Nike Air Ship Pro yang dibalut warna hitam dan merah, akan dirilis untuk pertama kalinya.

Sepatu yang mengawali corak warna "Bred" klasik Nike ini akan tersedia secara eksklusif, melalui pengecer asal Italia, Back Door Bottega, di awal Agustus.

Di samping mengunggah gambar Nike Air Ship Pro di akun Instagram, Back Door Bottega juga menciptakan landing page atau laman khusus yang menjelaskan pentingnya memiliki sneaker tersebut.

Nike Air Ship Pro sempat dipakai oleh Michael Jordan pada awal musim 1984-1985, sebelum ia memakai Air Jordan 1.

Jordan dilarang mengenakan Air Ship Pro, karena corak warna sepatu itu tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh NBA kala itu.

Akhirnya, Jordan didenda sebesar 5.000 dollar AS (sekarang sekitar Rp 73 juta) untuk setiap pertandingan yang telah ia jalani dengan memakai sepatu Air Ship Pro.


Nike Air Ship Pro "Bred" tampaknya dibuat dengan terburu-buru oleh tim Nike saat itu. Label Swoosh menyatukan bagian atas sepatu dari Nike Air Ship, dengan bagian midsole dan outsole dari sepatu tenis Nike Pro Circuit.

Unit sol Air Ship diubah, karena terlalu tinggi dan berat untuk dipakai Jordan yang terbiasa memakai sepatu berpotongan sedang atau rendah (mid or low cut) saat berada di lapangan.

Air Ship Pro yang akan dirilis di Back Door Bottega merupakan sebuah kejutan, karena tidak biasanya peluncuran sepatu dengan nilai historis seperti Air Ship Pro diumumkan oleh label lain di luar Jordan Brand.

Menariknya lagi, sepatu ini menghadirkan midsole yang dibekali oleh bantalan Nike REACT, yang diluncurkan Nike pada 2017 untuk memberi sensasi lembut pada kaki dan pengembalian energi lebih besar dibandingkan sepatu basket Nike lainnya.

"Sebagai kolektor dan penggemar berat Michael Jordan, saya benar-benar bangga dan bersemangat atas kepercayaan Jordan Brand yang memilih saya dan Back Door Bottega untuk perilisan mahakarya eksklusif ini. Sepatu ini akan rilis pada 7 Agustus, tunggu saja!"

Demikian kata Marco Evangelisti selaku founder Back Door Bottega.

Menurut Back Door Bottega, Air Ship Pro yang langka akan dirilis via in-store, di mana pelanggan perlu menemukan satu dari 150 stiker yang tersembunyi di landmark ikonik kota Bologna, Italia dari 1 Agustus hingga 6 Agustus.

Stiker tersebut akan menampilkan kode QR sebagai input untuk undian sepatu Nike Air Ship Pro.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com