Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puma Hadirkan Bantalan Baru, Bukan dari Plastik, melainkan dari Busa

Kompas.com - 05/08/2020, 10:58 WIB
Wisnubrata

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Brand asal Jerman, Puma, menghadirkan bantalan baru yang dinamai Xetic, sebagai bagian dari kolaborasi penelitian yang disponsori MIT Design Lab.

Teknologi bantalan ini menggabungkan sistem bantalan mekanis dan busa agar memberikan kenyamanan lebih pada sepatu, dan diperkenalkan pertama kali di sneaker terbaru yang disebut Calibrate Runner.

Teknologi Xetic yang terlihat futuristik ini bukan terbuat dari plastik, melainkan busa. Xetic sendiri mengambil namanya dari "auxetic materials" atau bahan bantu dan struktur yang berperilaku dengan cara tertentu ketika mengalami tekanan mekanis seperti kompresi.

"Departemen inovasi Puma bekerja sama dengan MIT Design Lab karena kami membutuhkan kemampuan para ahli teknik," ujar Romain Girard, Senior Head of Innovation Puma.

"MIT memiliki kemampuan untuk melakukan simulasi komputer, yang memungkinkan kami untuk melihat perilaku material dan menemukan struktur yang optimal untuk bantalan."

Puma Calibrate Runner dengan bantalan XeticPuma Puma Calibrate Runner dengan bantalan Xetic
Puma dan MIT Design Lab juga bekerja dengan berbagai komunitas pelari untuk menganalisis gaya lari individu, seperti titik-titik tekanan, dan mengambil data tersebut untuk mengembangkan struktur berbentuk khusus yang memungkinkan bantalan
progresif.

Hasilnya adalah struktur berbentuk seperti angka horizontal 8, yang merupakan karakteristik khas untuk Xetic.

Dengan teknologi Xetic, sepatu Calibrate Runner derancang agar memiliki tampilan yang futuristic, yang menarik bagi kolektor streetwear, dan juga memberikan bantalan yang nyaman.

PUMA Calibrate Runner yang dilengkapi dengan teknologi Xetic akan segera tersedia di toko-toko Puma Indonesia dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com