Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/08/2020, 08:47 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sosok Hadi Pranoto menjadi perbincangan di masyarakat setelah mengklaim telah menemukan obat herbal Antibodi Covid-19. Ia mengungkapkan "temuannya" itu dalam wawancara di akun Youtube Dunia Manji milik musisi Anji.

Walau video wawancara tersebut kini sudah dihapus oleh Youtube, tetapi video wawancara itu terlanjur viral. 

Para pakar menyebut informasi yang disampaikan dalam video itu sebagai berita bohong soal pandemi Covid-19 atau infodemi.

Di luar masalah klaim herbal yang menyembuhkan Covid-19, sebenarnya penggunaan jamu atau herbal sudah lama menjadi bagian dari budaya orang Indonesia. Namun, manfaatnya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Konsultan Herbal sekaligus Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr. Inggrid Tania, M.Si mengatakan, Covid-19 adalah penyakit yang masih baru.

Baca juga: Kontroversi Obat Covid-19, Saat Influencer Dituntut Turut Bertanggung Jawab

 

Sejauh ini belum ada obat kimia konvensional atau herbal yang bisa menyembuhkan Covid-19 secara meyakinkan.

"Tidak menutup kemungkinan kalau diteliti lebih lanjut jamu atau herbal bisa menghasilkan klaim sebagai antivirus Covid-19, tapi harus diteliti spesifik dari uji in vitro, praklinis hingga uji klinis terhadap strain Covid-19 langsung," kata Tania dalam sesi kulwap media, Rabu (5/8/2020) malam.

Tania menilai klaim Hadi menyesatkan dan berlebihan.

Apalagi, obat herbal milik Hadi didaftarkan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebagai jamu untuk memelihara kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh.

"Harusnya dia patuh dengan klaim yang sudah disetujui BPOM, tidak membuat klaim secara berlebihan bahwa produknya ini bisa mencegah atau mengobati Covid-19."

Menurut Tania, Hadi harus menjelaskan seperti apa penelitian yang telah dilakukannya. Sebab, penelitian perlu melalui proses panjang, mulai dari persetujuan komite etik penelitian kesehatan, pengajuan proposal, persetujuan izin dari BPOM, hingga pengajuan pembiayaan jika memang penelitian membutuhkan anggaran yang besar.

Baca juga: Kata BPOM dan Kemenkes soal Klaim Obat Bisa Sembuhkan Covid-19

Kementan akan memproduksi kalung dari tanaman eucalyptus yang diklaim mampu membunuh virus.DOK. Humas Kementerian Pertanian Kementan akan memproduksi kalung dari tanaman eucalyptus yang diklaim mampu membunuh virus.

Sebuah obat tidak bisa diklaim hanya berdasarkan testimoni pengguna tetapi tidak bisa dipertanggungjawabkan. 

"Perlu kita pertanyakan mana buktinya kalau sudah diteliti. Apakah sekadar testimoni dari orang-orang yang sudah mencoba produk dia? Kalau pun testimoni harus tetap diverifikasi apakah itu benar-benar bisa dipertangungjawabkan, tidak ada rekayasa, pembuktikan apakah memang sembuh karena produk dia."

"Bisa saja sembuhnya karena orang tersebut juga mengonsumsi herbal herbal lain, atau kalau Covid-19 nya ringan dia bisa sembuh sendiri juga tanpa bantuan atau konsumsi produknya dia," ujarnya.

Baca juga: Soal Klaim Obat Covid-19 Hadi Pranoto, IDI: Tak Sesuai Keilmuan Pakar Kesehatan

Bahaya klaim

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com