Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2020, 21:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Di antara semua produk yang ada di marketplace, fesyen jadi kategori barang terpopuler, baik berdasarkan frekuensi mau pun jumlah transaksi.

Menurut riset “Perilaku Konsumen E-Commerce Indonesia Tahun 2019” yang dilakukan Kredivo dan Katadata Insight Center diketahui bahwa sebanyak 30 persen dari total transaksi sepanjang 2019 merupakan pembelian barang fesyen.

Kategori fesyen itu tak terbatas pada konsumen wanita saja, tapi juga pria dan kelompok umur tua dan muda.

Hasil riset itu juga menunjukkan, konsumen Indonesia semakin percaya dan nyaman berbelanja online. Bahkan, lebih yakin bertransaksi dalam nominal besar, dengan varian produk yang lebih beragam.

Di tahun 2019, puncak peningkatan belanja online terjadi pada bulan Desember dengan jumlah transaksi 22 persen lebih tinggi dari pada rata-rata per bulan.

Baca juga: Belanja Online Meningkat hingga Lebih Capai, Ini yang Dirasa Ibu-ibu Saat Karantina

Konsumen perempuan menunjukkan loyalitas yang lebih tinggi, di mana 30 persennya cenderung bertahan di satu marketplace, sedangkan loyalitas konsumen pria hanya 15 persen.

Selama pandemi, frekuensi pembelian barang pokok mengalami peningkatan, seperti makanan, pulsa, home appliance, produk kesehatan dan kecantikan, serta produk penunjang hobi dan olahraga.

Riset juga menunjukkan, semakin tua, konsumen semakin banyak membeli kebutuhan rumah tangga.

Penelitian bersama Katadata Insight Center ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif, berdasarkan lebih dari 10 juta sampel transaksi yang berasal dari hampir satu juta pengguna Kredivo di enam pemain e-commerce dan marketplace terbesar Indonesia bulan Januari-Desember 2019.

Baca juga: Apa Merek yang Akan Bertahan di Industri Fesyen Pasca Pandemi?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com