Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Meninggalkan Hand Sanitizer di Mobil Parkir?

Kompas.com - 18/08/2020, 11:06 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber WebMD

KOMPAS.com – Gara-gara pandemi Covid-19, saat ini mayoritas orang melengkapi dirinya dengan pembunuh kuman di mana pun berada. Terutama hand sanitizer atau cairan pembersih tangan yang selalu tersedia di mana-mana, termasuk di dalam mobil.

Walau begitu, apakah aman meninggalkan hand sanitizer di dalam mobil yang terparkir dan kepanasan?

Secara umum memang aman, tidak akan meledak. Banyak orang mengira karena memiliki kandungan alkohol 60-80 persen, maka wadah hand sanitizer bisa meledak. Hal itu mungkin saja jika suhu di dalam mobil mencapai 371 derajat celcius!

Kendati begitu, meninggalkan cairan pencuci tangan di dalam mobil akan membuatnya kurang efektif.

Paparan sinar matahari dan panas dapat membuat alkohol dalam produk hand sanitizer menguap. Efeknya, kadar alkoholnya berkurang dan cairan pencuci tangan jadi kurang efektif untuk membunuh kuman di tangan seperti seharusnya.

Sering mencuci tangan ketika kita berada di tempat umum sangat dianjurkan selama pandemic ini. Karenanya, sebaiknya simpan botol hand sanitizer di dalam tas agar tersedia kapan pun kita membutuhkannya.

Bila ingin meninggalkannya di mobil, simpan dalam tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung dan pastikan tertutup rapat. Namun, ganti hand santizier secara berkala karena makin sering ditinggalkan dalam mobil, makin berkurang efektivitasnya.

Baca juga: Minum Cairan Hand Sanitizer Sebabkan Kebutaan dan Kematian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WebMD
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com