Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Perlu Maskeran Tiap Hari Demi Kulit Sebening Kaca

Kompas.com - 22/08/2020, 10:37 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com— Kita tentu ingin mendapatkan kulit sehat sebening kaca atau glass skin seperti milik Song Hye Kyo dan Jun Ji Hyun yang terlihat sempurna.

Untuk kamu yang ingin mengikuti tahapan skincare ala Korea demi mendapatkan glass skin, berikut tips dari dokter kulit bersertifikat Dr. Gaile Robredo-Vitas:

Gunakan sheet mask sekali atau dua kali seminggu

Kita semua pernah mendengar tentang bagaimana beberapa selebriti Korea menggunakan masker setiap hari untuk mendapatkan kulit yang bagus. Meskipun ini tidak akan menimbulkan efek samping apapun, namun hal ini bukanlah suatu keharusan untuk mendapatkan kulit yang bagus.

"Memakai sheet mask adalah cara termudah untuk menenangkan, memperbaiki kulit yang lelah, rusak, dan mengunci kelembapan terutama saat memiliki kulit kering dan dehidrasi," jelas Robredo-Vitas.

Ini adalah cara untuk memperbaiki kulit yang cepat dan nyaman. Tetapi menggunakannya setiap kali melakukan perawatan kulit bisa memakan waktu terlalu lama.

Baca juga: Mengenal Manfaat Skincare Mengandung Niacinamide

Faktanya, kulit wajah tidak membutuhkan nutrisi tambahan ini setiap hari jika sudah konsisten menggunakan perawatan dengan bahan-bahan yang tepat sesuai dengan kondisi kulit dan semua langkah penting yaitu, pembersih, exfoliator, tabir surya.

Robredo-Vitas mengatakan, ia hanya menggunakan sheet mask sekali atau dua kali seminggu karena alasan ini. Dia bahkan sering mengganti sheet mask dengan masker krim, karena masker krim dapat dilap dengan kapas dan hanya dipijat pada kulit seperti pelembab.

Jangan membebani kulit dengan banyak produk

Jangan salah paham. Hidrasi adalah suatu keharusan jika kamu ingin mendapatkan jenis kulit kenyal dan memantulkan cahaya seperti para selebriti Korea. Tetapi terlalu banyak produk yang digunakan tentu tidak baik, dan hal yang sama berlaku untuk melembabkan kulit.

Misalnya, memakai terlalu banyak lapisan perawatan kulit padahal kamu memiliki kulit berminyak dan berjerawat adalah pedang bermata dua.

ilustrasi memakai sheet maskshutterstock ilustrasi memakai sheet mask

Karena meskipun kulitmu akan terlihat bersinar, namun kandungan emolien yang berlebihan seperti krim dan minyak dapat memperburuk kulit berminyak dan menyebabkan jerawat.

Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhanmu, dan pertahankan jumlah lapisan seminimal mungkin jika kulitmu merupakan jenis yang sensitif.

Kebutuhan pokok K-beauty seperti serum dan esens biasanya memberikan kulit berminyak dengan hidrasi yang cukup.

Pelembap tidak selalu dibutuhkan, tetapi jika kamu memang membutuhkan lebih banyak kelembapan, pilihlah formula yang ringan (bebas minyak, berbahan dasar air untuk kulit berminyak) bisa cukup untuk memberimu kulit yang berkilau dan lembut. Kamu juga bisa menyempurnakannya dengan highlighter dan riasan agar wajah semakin tampak bersinar.

Baca juga: Cara Mendapatkan Glass Skin, Kulit Sebening Kaca a la Bintang Korea

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com