Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadar Virus Covid-19 pada Anak Tinggi dan Gampang Menularkan

Kompas.com - 22/08/2020, 11:11 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Anak-anak lebih gampang menularkan Covid-19 karena mereka bisa membawa virus dalam kadar tinggi, sekalipun tak ada gejala yang dirasakan.

Penelitian terbaru berskala besar membuktikan hal tersebut. Para ilmuwan bahkan mengatakan bahwa anak-anak adalah “penyebar sunyi” yang ideal. Itu sebabnya kebijakan untuk segera membuka sekolah secara tatap muka perlu dipertimbangkan.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan di Journal of Pediatrics ini dilakukan terhadap 192 anak-anak dan dewasa muda (usia 0 – 22 tahun). Hasil tes menunjukkan, 49 orang positif terinfeksi Covid-19 dan 18 orang menunjukkan gejala penyakit terkait Covid-19.

Anak-anak yang terinfeksi, walau tidak menunjukkan gejala sakit, memiliki viral load atau tingkat virus yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang dewasa yang dirawat di rumah sakit.

Risiko penularan akan meningkat seiring dengan makin tingginya viral load.

“Kami terkejut dengan tingginya level virus yang kami temukan pada anak-anak ini, terutama pada dua hari pertama setelah terinfeksi,” kata Dr.Lael Yonker, direktur MGH Cystic Fibrosis Center dan penulis utama studi.

Baca juga: Sebelum Gelar Belajar Tatap Muka, Sekolah Harus Lakukan Simulasi

Alessio Fasano, aggota tim peneliti, mengatakan, data kajian mereka menunjukkan bahwa anak-anak tidak terlindungi dari virus ini. Mereka bisa terinfeksi sekalipun risikonya untuk mengalami tingkat keparahan tidak sebesar orang dewasa.

Namun, karena anak-anak dapat membawa viral load tinggi, mereka lebih menularkan ke teman-teman maupun orang dewasa yang lebih rentan jika terpapar.

Menurut Fasano, karena anak-anak dengan kadar virus tinggi tidak menunjukkan gejala, mengandalkan pemeriksaan suhu tubuh atau monitor gejala saja tidak cukup untuk membuat guru dan orang di sekitar anak-anak itu aman.

Untuk menghambat penularan Covid-19 di sekolah, disarankan untuk melakukan tes pada pelajar secara random, menggunakan masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan dengan sabun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com