Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/08/2020, 08:22 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber FOXNEWS

KOMPAS.com – Walau imbauan untuk memakai masker terus digaungkan, masih banyak masyarakat yang abai pada protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 ini. Tak sedikit orang yang memakai masker, tapi tidak menutupi hidung dan mulutnya dengan benar.

Penggunaan masker yang hanya “setengah” alias hanya menutup mulut saja tidak efektif melindungi kita dari penularan Covid-19.

Penelitian terbaru menunjukkan, pemakaian masker di bawah hidung itu masih memungkinkan virus corona untuk masuk ke dalam tubuh.

“Itu seperti pakai celana tapi hanya di satu kaki. Masker seharusnya menutupi mulut dan hidung,” kata Dr.Frederick Davis dari New York.

Dalam penelitian yang dilakukan tim dari University of North Carolina disebutkan, virus corona baru penyebab Covid-19 pertama kali akan masuk dan menginfeksi rongga hidung. Pada sebagian kasus virus terhirup sampai ke paru-paru dan berkembang menjadi pneumonia (radang paru).

Virus ini paling banyak menginfeksi saluran hidung untuk kemudian berkembang ke jalur pernapasan ke tenggorokan dan paru-paru.

Baca juga: Mengapa Sebagian Warga Jakarta Abai Memakai Masker? Ini Penjelasannya

Saluran napas atas rentan

Salah satu tim peneliti, Dr.Richard Boucher, menjelaskan mengapa saluran napas atas lebih rentan pada infeksi Covid-19 dan pentingnya penggunaan masker.

“Sayangnya virus SARS-CoV-2 sudah mempelajari bagaimana mengelak dari mekanisme normal hidung dan menggunakan reseptor di bagian ini untuk menginfeksi dinding sel hidung,” katanya seperti dikutip dari FOX News.

“Sel hidung, sayangnya, diberkahi dengan kemampuan untuk menghasilkan jutaan virus secara harfiah saat terinfeksi."

Virus yang diproduksi itu kemudian tersebar ke saluran napas. Mulai dari jaringan penciuman di atap hidung, menyebabkan hilangnya penciuman, ke mulut, menginfeksi kelenjar ludah dan menyebabkan gejala mulut kering, kemudian ke paru-paru di mana mereka menghasilkan pneumonia dan sesak napas dan bahkan kematian.

Karenanya, masker harus melindungi hidung supaya efektif untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber FOXNEWS
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com