Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/08/2020, 12:25 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber abc.net.au

KOMPAS.com - Menjalin relasi pertemanan di era digital seperti saat ini memang lebih mudah. Kita cukup membuat akun di platform media sosial tertentu, lalu bisa mulai menjalin pertemanan. 

Jalinan pertemanan itu tidak hanya dengan kawan lama, tetapi juga dengan orang-orang baru yang kita temui secara virtual. Maka tak heran jika seseorang bisa berteman dengan ribuan orang di media sosial.

Namun sebetulnya, berapa banyak teman yang bisa kita tangani?

Dilansir abc.net.au, Psikolog dari Universitas Oxford, Dr Robin Dunbar menggunakan beberapa rumus matematika untuk menghitung jumlah teman maksimal yang dapat kita miliki sebagai manusia.

Dia mengukur ukuran neokorteks atau bagian otak kita yang bertanggung jawab untuk persepsi sensorik serta memproses bahasa dan emosi, kemudian membandingkannya dengan bagian otak lain.

Dr Dunbar menyimpulkan bahwa pikiran kita dapat menangani setidaknya 150 pertemanan.

Bagian itu berkaitan dengan batasan kognitif manusia yang membatasi berapa banyak hubungan yang dapat kita atasi. Sebagian lagi adalah berapa banyak waktu dan energi yang ingin dan dapat kita curahkan untuk orang-orang itu.

Namun, angka tersebut juga bergantung kepada seberapa ekstrovert seseorang.

Dari angka 150 itu, kita dapat membaginya ke dalam beberapa kategori keintiman.

Biasanya, kita memiliki kelompok inti yang terdiri dari lima teman yang sangat dekat. Mereka punya hubungan yang berarti dengan kira.

Selanjutnya, kita cenderung memiliki sekelompok yang terdiri dari sekitar 10 teman dekat yang melengkapi jaringan dukungan terpenting kita.

Mereka adalah orang-orang yang akan ditangisi jika meninggal, kita hargai kesetiaannya, dan yang mungkin ingin kita lihat di hari ulang tahun kita.

Kelompok setelahnya adalah sekitar 35 teman yang kurang dekat, namun masih menyenangkan.

Setelah itu, ada sekitar 100 orang yang ada di dalam kategori pertemanan yang lebih lemah. Sekitar 75 persen dari kelompok ini adalah kenalan dan 25 persen keluarga besar.

Namun, perlu dicatat bahwa semua orang tersebut bisa juga datang dari anggota keluarga, sementara pasangan romantis memiliki kategorinya sendiri.

Baca juga: Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Menjalin Pertemanan?

Halaman:
Sumber abc.net.au
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com