Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2020, 13:16 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap orangtua tentunya ingin memastikan produk yang digunakan buah hatinya aman dan sesuai dengan tahapan perkembangannya.

Model, aktris dan presenter Nadia Mulya punya cara sendiri untuk memilih produk perawatan diri yang aman bagi si kecil.

Meski ada banyak aspek yang harus dipertimbangkan, baginya memilih produk untuk anak adalah saat-saat yang menyenangkan sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai "me time".

"Saat memilih produk, saya bukan hanya sekadar berbelanja namun juga memahami berbagai faktor penting bagi si kecil. Seperti misalnya bagaimana kebiasaan anak, kondisi kulit, kesukaan mereka, sampai dengan menemukan cara agar anak mulai terbiasa merawat diri mereka secara perlahan."

Demikian diungkapkan brand ambassador Lilla by Sociolla itu, melalui keterangan tertulis.

Nadia berbagi empat cara mudah yang bisa dilakukan ibu untuk memilih produk perawatan anak yang lebih aman dan nyaman.

Baca juga: Nadia Mulya Dikaruniai Anak Keempat

 1. Sertifikasi BPOM

Nadia memiliki pengalaman merawat empat anak dengan kondisi kulit dan kecocokan yang berbeda satu sama lain. Untuk itu, salah satu aspek terpenting yang diperhatikannya memastikan produk tersebut asli dan bersertifikasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Menurutnya, jaminan BPOM juga bisa menegaskan bahwa kandungan yang terdapat di dalamnya aman untuk digunakan oleh anak-anak.

2. Membaca review dan rekomendasi

Para ibu baru yang merawat anak pertama mungkin belum memiliki pengalaman menggunakan produk yang akan dipilih.

Oleh karena itu, Nadia menganjurkan untuk membaca review dan rekomendasi produk terlebih dulu sebagai acuan mengenai kualitas dan kecocokan produk bagi anak. Tentunya, ibu juga harus terlebih dahulu memahami kondisi kulit anak.

Baca juga: Cegah Anak Gagal Tumbuh dengan Pemantauan Rutin

3. Kenali kesukaan anak

Setelah memastikan produk yang dipilih aman dan cocok untuk tipe kulit anak, ada baiknya jika ibu juga memahami preferensi anak.

Jika anak menyukai wangi buah-buahan atau bunga tertentu, tak ada salahnya memilih produk dengan wewangian tersebut. Tujuannya agar mereka betah ketika memakai produk dan tidak menunjukkan alergi atau ketidakcocokan.

Selain itu, pastikan bahwa produk tersebut bebas SLS (Sodium Lauryl Sulfate), tidak menyebabkan perih di mata, dan jika pasta gigi, pastikan bahwa tidak berbahaya jika tertelan.

4. Belanja secara online 

Di masa pandemi, ibu bisa memanfaatkan platform belanja online. Saat ini cukup banyak pilihan market place yang dikhususnya untuk produk perawatan anak. Yang terbaru adalah Lilla by Sociolla.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Bila Kepala Bayi Terbentur?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com