Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Harus Dilakukan agar Kembali Produktif Setelah Akhir Pekan

Kompas.com - Diperbarui 09/07/2023, 10:13 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Setelah bersantai di akhir pekan yang menyenangkan, tentu rasanya berat untuk kembali masuk kerja di hari Senin.

Maka dari itu, penting bagi para pekerja untuk mencari tips semangat kerja agar kembali bergairah melakukan rutinitas pekerjaan.

Terlebih mengingat suasana kantor yang sedang membuat jenuh, tugas dan deadline yang menumpuk, serta target yang harus dicapai.

Jadi, jangan biarkan hal-hal ini dapat menurunkan semangat kerja dan memengaruhi kinerja kita dalam bekerja.

Mumpung masih awal pekan, sekarang saatnya bangkit dan mulai membuka lembaran baru demi bekerja lebih semangat dan produktif.

Yuk, coba berbagai tips semangat kerja di bawah ini agar motivasi kerja semakin membara sehingga produktivitas di kantor pun meningkat.

1. Temukan apa yang membuat Anda bahagia

Meski terdengar klise, salah satu tips semangat kerja ini akan berhasil membantu meningkatkan motivasi dan produktivitas di kantor.

Anda dapat melakukannya sesederhana mencari sesuatu untuk disyukuri. Setiap orang tentu memiliki setidaknya satu hal kecil untuk disyukuri.

Misalnya, kembali ke kantor karena bertemu dengan teman-teman kantor kesayangan, agenda makan siang atau kencan sepulang kantor, atau bahkan sekedar bayangan kasur empuk yang menanti kepulangan Anda di rumah.

Baca juga: 10 Kebiasaan yang Membuat Kita Tidak Bahagia

2. Buat meja kerja senyaman mungkin

Meja kerja yang berantakan tentu dapat membuat semangat kerja menurun. Padahal, waktu yang Anda habiskan untuk mencari dokumen penting yang terselip di suatu tempat merupakan waktu tambahan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Nah, salah satu tips semangat kerja tetap tinggi setelah akhir pekan adalah menyisihkan waktu sebentar untuk membersihkan dan merapikan meja kerja.

Tak ada salahnya menghias meja kerja sesuai keinginan. Misalnya, meletakkan bingkai foto anggota keluarga, boneka pajangan atau miniatur mainan, atau kertas tempel yang bertuliskan tugas atau deadline yang harus Anda kerjakan dengan segera.

Dengan tips semangat kerja ini, Anda akan merasa lebih nyaman dan rileks.

Baca juga: Meja Kerja Rapi Bikin Lebih Produktif

3. Jangan anggap pekerjaan sebagai beban

Tips semangat kerja yang harus selalu diingat adalah jangan menganggap pekerjaan sebagai suatu beban yang berat.

Meski mungkin melelahkan dan menguras otak, anggap saja pekerjaan yang kalian lakukan sebagai bagian dari kepingan puzzle yang dapat membantu meningkatkan jenjang karir atau mendapatkan nilai baik di mata atasan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com