Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komentar Warganet Lihat Atta Halilintar Pakai Batik dan Jeans Sobek

Kompas.com - 08/09/2020, 08:59 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Busana YouTuber Atta Halilintar menjadi perbincangan di media sosial, karena ia memadukan kemeja batik dengan celana jeans sobek.

Pakaian itu dikenakan Atta ketika hadir di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Setelah menyapa penumpang, @BudiKaryaS menjelaskan kepada @AttaHalilintar mengenai keamanan & kenyamanan bepergian dengan pesawat. Salah satunya Physical Distancing pada saat menunggu penerbangan. @AngkasaPura2 @kemenhub151 #YukTerbangLagi #BecauseYouMatter #GALiveReport," demikian isi tweet yang diunggah oleh akun @IndonesiaGaruda, disertai foto Budi Karya bersama Atta yang memakai pakaian batik berwarna biru tua-hitam.

Salah seorang warganet kemudian berkomentar, mengenai pakaian Atta yang dianggap tidak mengapresiasi batik karena dipadukan dengan celana jeans sobek.

Baca juga: Alasan Anang Hermansyah Terima Atta Halilintar sebagai Calon Suami Aurel

Menurut warganet dengan akun @puturudy, jika Atta mengenakan pakaian batik asli hasil karya budaya luhur bangsa, maka pakaian tersebut tidak pantas jika dikombinasikan dengan denim belel dan sobek.

"Jangan pernah lagi pakai batik kalau anda tdk pny kemampuan mengapresiasi batik," tulisnya.

Komentar tersebut dibanjiri respons warganet lainnya. Namun, terlepas dari perdebatan tersebut, bolehkah batik dan celana jeans diperbolehkan?

Batik dan jeans

Desainer Senior Musa Widyatmodjo melihat, saat ini memang banyak gaya atau selera pribadi yang bercampur baur. Oleh masyarakat, gaya tersebut dianggap sebagai bagian dari kebebasan berekspresi.

Hanya saja, ia menilai bahwa perilaku berbusana idealnya tetap mengacu pada panduan pemahaman tata krama budaya busana setempat, dalam konteks ini adalah Indonesia.

Jadi, dalam berbusana seseorang harus tetap mengacu pada situasi dan kondisi acara, serta orang yang akan kita temui.

Baca juga: 5 Tips Merawat Batik Kesayangan

Misalnya, ketika berkunjung ke suatu tempat, maka cara berbusana kita juga harus menghormati tuan rumah.

"Intinya adalah menghormati diri serta orang lain," kata Musa kepada Kompas.com.

Kesan santai

Celana jeans sobek sendiri merupakan produk mode yang ditujukan untuk acara santai, kasual atau informal, yang bisa juga dikenakan dalam kondisi acara yang cenderung artistik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com