Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melembapkan Wajah, Bagian Penting dari Perawatan Kulit

Kompas.com - 08/09/2020, 20:19 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu bagian penting dari rutinitas perawatan kulit kita adalah melembapkan wajah. Namun, sudahkah kamu yakin jenis pelembap seperti apa yang sesuai dengan kulitmu?

Sebelum membeli pelembap, ada baiknya memahami lebih dulu kenapa kita harus melembapkan wajah.

Hidrasi berperan besar pada kelembapan kulit. Karena kulit yang kering tidak baik untuk kesehatan dan produksi minyak yang berlebihan bisa menyebabkan jerawat.

Ada anggapan umum bahwa orang yang memiliki jerawat sebaiknya tidak melembapkan kulit.

Faktanya, melembapkan kulit dua kali sehari, pagi dan malam, dapat mengurangi produksi minyak berlebih dan jerawat di kulit kita.

Menurut dokter kulit kosmetik, Dr. Heidi Waldorf, kulit yang lembap dengan baik akan punya kemampuan mengendalikan sifat berminyak dengan sendirinya.

Baca juga: Kelamaan Pakai Masker Bisa Bikin Kulit Kering

"Kulit sehat menahan kelembapan dan mengelupas dengan sendirinya, lembut saat disentuh, dan memantulkan cahaya dengan baik," ujar Waldorf.

Menggunakan pelembab juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini seperti kerutan dan garis halus.

Sesuai kondisi kulit

Pelembap yang efektif menggunakan zat seperti humektan untuk menarik kelembapan, emolien guna menghaluskan permukaan kulit dan memberikan rasa halus, dan oklusif untuk membentuk lapisan di permukaan kulit.

Jika kita memiliki kulit berminyak, cari pelembap dengan konsistensi gel agar tidak membuat kulit terasa berat, namun tetap terhidrasi secara efektif.

Baca juga: Sembilan Kesalahan dalam Menggunakan Pelembab Wajah

Untuk kulit normal hingga kering, krim pelembap dapat membantu menyeimbangkan kulit sepanjang hari.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Mengaplikasikan pelembap

Pada dasarnya jenis pelembap tergantung kebutuhan spesifik kulit kita, namun sebaiknya gunakan pelembap di pagi hari dan sebelum tidur.

Menurut Waldorf, waktu terbaik mengaplikasikan pelembap yaitu setelah melakukan perawatan kulit lain, namun sebelum menggunakan tabir surya.

Baca juga: Agar Tak Sia-sia, Pastikan Kulit Wajah Bersih Sebelum Memakai Skincare

Jika kita memiliki rutinitas di luar pembersihan, seperti memakai toner, serum, dan eksfoliasi, oleskan pelembap terakhir untuk menjaga seluruh perawatan kulit yang sudah kita lakukan sebelumnya.

Lain halnya jika kita terbiasa untuk sekadar membersihkan dan melembapkan kulit. Biarkan wajah sedikit lembap sebelum kita mengoleskan pelembap untuk menjaga kelembapan dari air.

Di pagi hari, kita wajib memakai pelembap sebelum menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet, yang dapat menyebabkan kerusakan kulit.

Untuk kelembapan ekstra di malam hari, kita dapat mengaplikasikan krim malam.

Baca juga: Kebiasaan yang Bisa Bikin Wajah Terlihat Lebih Tua

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com