Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urutan Gejala yang Umum Terjadi pada Penderita Covid-19

Kompas.com - 10/09/2020, 11:07 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Selama berbulan-bulan berada di tengah pandemi Covid-19, kita sering membaca tentang daftar gejala Covid-19 yang mungkin muncul pada pasien.

Beberapa gejala sebetulnya mirip seperti gejala penyakit lain yang tidak berbahaya. Namun, pandemi yang tak kunjung membaik membuat sebagian orang paranoid jika merasa tidak sehat dan tak jarang langsung mencurigainya sebagai gejala Covid-19.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Univerity of Southern California (USC) merinci tentang gejala Covid-19 yang biasa muncul.

Baca juga: Merasakan Gejala Covid-19, seperti Apa Ketentuan Boleh Tidaknya Isolasi Mandiri?

Menurut penemuan penelitian, urutan gejala Covid-19 yang banyak dialami pasien, adalah:

1. Demam

2. Batuk dan sakit otot

3. Mual atau muntah

4. Diare

Menurut penelitian tersebut, gejala-gejala tersebut biasanya juga muncul secara berurutan.

"Urutan ini penting khususnya untuk membedakannya dengan penyakit seperti flu biasa yang menunjukkan gejala serupa," ungkap salah satu penulis studi sekaligus professor kedokteran, teknik biomedis dan kedirgantaraan dan mesin di USC, Peter Kuhn, PhD, seperti dilansir Healthline.

Fakta ini mungkin bisa membantu orang-orang yang terinfeksi Covid-19 untuk segera melakukan isolasi mandiri dan mendapatkan perawatan segera, yang mana sangat berdampak pada tingkat kesembuhan.

Baca juga: Batuk dan Demam, Gejala Klasik Covid-19

Data pasien di China

Untuk memprediksi urutan gejala, para peneliti menganalisa tingkat kejadian gejala yang dikumpulkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dari lebih dari 55.000 kasus terkonfirmasi di Cina.

Mereka juga melihat kumpulan data dari hampir 1.100 kasus yang dikumpulkan selama Desember hingga Januari oleh China Medical Treatment Expert Group untuk COVID-19, dan disediakan oleh Komisi Kesehatan Nasional China.

Ilustrasi antrean masuk ke restoran, pegawai memeriksa suhu tubuh pengunjung yang mengantre dengan jaga jarakShutterstock/Nattakorn_Maneerat Ilustrasi antrean masuk ke restoran, pegawai memeriksa suhu tubuh pengunjung yang mengantre dengan jaga jarak

Untuk membandingkan urutan gejalanya dengan influenza, para peneliti menganalisa data lebih dari 2.000 kasus Covid-19 di Amerika Utara, Eropa dan bagian bumi selatan, yang dilaporkan oleh otoritas kesehatan antara 1994 hingga 1998.

Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com