Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Prostat Bebas Masalah, Hindari Pantangan Ini

Kompas.com - 17/09/2020, 15:32 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Sakit prostat biasanya menyerang pria berusia di atas 55 tahun. Penyakit ini biasanya muncul tanpa adanya gejala.

Meskipun hampir tidak menunjukkan gejala, ada sejumlah tindakan yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terserang dan mencegah supaya sakit prostat makin parah. Salah satunya adalah menghindari makanan maupun aktivitas tertentu.

Pemilihan makanan yang salah dapat memperbesar risiko dan memperparah sakit prostat. Supaya terhindar dari masalah itu, kita disarankan untuk menghindari makanan-makanan seperti:

Daging

Mengonsumsi daging yang dimasak terlalu matang dapat meningkatkan risiko terkena kanker prostat. Risiko ini muncul dari senyawa karsinogen yang dikenal dengan nama heterocyclic amines (HCA).

HCA sendiri terbentuk dari proses pemasakan dengan suhu tinggi, seperti dipanggang atau dibakar.

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menemukan keterkaitan antara konsumsi daging merah maupun olahan dengan peningkatan risiko kanker prostat. Beberapa contohnya seperti daging sapi, babi, dan sosis.

Baca juga: 11 Hal yang Terjadi pada Tubuh bila Terlalu Banyak Makan Daging

Produk olahan susu

Pantangan sakit prostat selanjutnya adalah mengonsumsi produk olahan susu secara berlebihan karena meningkatkan risiko terkena kanker prostat.

Menurut penelitian dalam Journal of Nutrition, meminum susu murni bisa memperparah sakit prostat. Begitu pula susu skim dan susu rendah lemak.

Supaya terhindar dari risiko yang ada, kita disarankan untuk membatasi konsumsi produk olahan susu seperti keju, yogurt, mentega, serta es krim.

Sebagai alternatif, kita dapat meminum susu yang terbuat dari bahan kelapa, kacang mete, kedelai, maupun almond. Namun, tetap harus berhati-hati dengan kandungan gula di dalamnya.

Baca juga: Agar Tak Mudah Gemuk, Simak Tips Sehat Minum Susu

Minuman beralkohol

Menurut hasil penelitian, peminum alkohol dua kali lebih berisiko terkena kanker prostat.

Kelompok orang dalam kategori peminum berat adalah mereka yang mengonsumsi minuman beralkohol lebih dari tiga kali dalam sehari (satu kali minum setara 350 ml bir dengan kadar alkohol 5 persen).

Sebagai gantinya, kita bisa mengonsumsi sparkling water yang dicampur dengan jus buah, wine atau bir tanpa alkohol, teh, dan kopi.

Baca juga: 5 Makanan untuk Menurunkan Risiko Kanker Prostat

Makanan yang mengandung lemak jenuh

Lemak jenuh tidak hanya dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, tetapi juga kanker prostat.

Beberapa studi mendapati adanya risiko kanker prostat yang muncul dari mengonsumsi makanan dengan lemak jenuh.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com