Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lady Gaga Ungkap Kesehatan Mental Lewat Video Klip

Kompas.com - 20/09/2020, 12:37 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber People

KOMPAS.com— Lady Gaga merilis film pendek yang terdapat dalam video klip terbarunya yang berjudul "911" pada hari (18/9/2020), sebuah video yang menurutnya sangat pribadi.

Dalam videonya, Gaga mengungkapkan perjalanannya dengan kesehatan mental, bagaimana selama ini ia merasa hidupnya seperti dalam mimpi yang tak ia sukai.

"Film pendek ini sangat pribadi bagi saya, pengalaman saya dengan kesehatan mental dan bagaimana realitas dan mimpi dapat saling berhubungan untuk membentuk pahlawan di dalam diri dan di sekitar kita," tulis Gaga.

"Sudah bertahun-tahun sejak saya merasa begitu hidup dalam kreativitas saya untuk membuat bersama apa yang kami lakukan dengan '911,'" katanya.

Dalam postingan tersebut, pelantun "Rain on Me" itu juga berterima kasih kepada penggemarnya, sutradara video Tarsem Singh, Bloodpop karena telah memproduksi sebuah video yang menjadikannya lebih kuat.

Gaga juga berterimakasih pada para kru video yang bekerja dengan mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi.

Baca juga: Lady Gaga Didapuk Perankan Salah Satu Karakter X-Men?

"Aku sudah bangun sekarang, aku bisa melihatmu, aku bisa merasakanmu, terima kasih telah mempercayaiku ketika aku sangat takut," ujarnya.

 

"Sesuatu yang dulunya hidup nyata sehari-hari [sic] sekarang menjadi film, kisah nyata yang sekarang masa lalu dan bukan masa kini. Ini puisi tentang rasa sakit,” ungkapnya.

Lady GagaREPRO BIDIK LAYAR VIA HARPERS BAZAAR Lady Gaga

Video musik yang berlatar di Taman Nasional White Sands di New Mexico itu menggambarkan seorang tentara di atas kuda hitam memegang bendera negara bagian dalam satu adegan, lalu mengikuti Gaga yang berambut teal dalam mimpi distopia, dengan sinematik yang terlihat mirip dengan film klasik The Color of Pomegranates.

Di akhir film pendek, Gaga yang terluka dan panik bangun dari mimpi dengan tandu setelah kecelakaan mobil. Di sekelilingnya, sebuah teater memamerkan "Festival Film Armenia" dengan poster film Sergei Parajandy di dindingnya saat kekacauan terjadi.

Baca juga: Lady Gaga Gunakan Masker Karya Desainer Indonesia di VMA 2020

Adegan kecelakaan dan beberapa pakaian video mengingatkan pada gaya pelukis Frida Kahlo dan mengingatkan pada tabrakan bus traumatis yang menginspirasi beberapa karyanya yang paling terkenal.

"Saya biasa bangun di pagi hari, dan saya akan menyadari bahwa saya adalah 'Lady Gaga'. Dan kemudian menjadi sangat tertekan dan sedih, dan saya tidak ingin menjadi diri saya sendiri, "kata Gaga dalam sebuah wawancara.

"Saya merasa terancam oleh hal-hal yang dibawa karier saya ke dalam hidup dan langkah hidup saya,” lanjutnya.

Hal inilah yang dituangkan Gaga dalam video musik 911 yang kini sudah resmi dirilis.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber People
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com