Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Onitsuka Tiger Rilis Ulang Tiga Sepatu Bersejarah dengan Logo Berbeda

Kompas.com - 21/09/2020, 07:07 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Sejak berdiri tahun 1949 sampai sekarang, Onitsuka Tiger sudah membuat berbagai jenis sepatu. Namun pada awalnya, sepatu-sepatu itu tidak memiliki garis khas Onitsuka seperti yang kita kenal saat ini.

Logo pada produk-produk sebelum tahun 1966 itu juga beragam, ada yang berupa tulisan Tiger, ada yang berupa dua garis, tiga garis, pola seperti huruf UI, hingga lingkaran merah bendera Jepang.

Adapun desain-desain unik itu kebanyakan muncul pada tahun 1960-an, ketika para desainer Onitsuka mencari logo ikonik yang bisa membedakan produk mereka dengan brand lain, sekaligus mengadopsi filosofi Jepang.

Baca juga: Kisah Unik Lahir dan Bangkitnya Onitsuka Tiger

Lalu muncullah desain bendera nasional Jepang pada sepatu yang dikenakan atlet Jepang di Olimpiade musim panas Roma tahun 1960, disusul logo seperti huruf UI yang dipakai tim nasional Jepang pada Olimpiade Musim Panas di Tokyo tahun 1964.

Kemudian pada tahun 1966, Onitsuka mengganti logo lagi dengan garis seperti yang kita kenal sekarang. Garis tersebut pertama kali diterapkan pada model Mexico 66, yang dinamai demikian karena digunakan oleh perwakilan Jepang di Olimpiade Mexico.

Namun sebelum seri Mexico 66 muncul, ada prototype yang sedikit berbeda dari sepatu yang kini sangat kita kenal itu. Prototype ini memiliki sol lebih tinggi dan logo dua garis tebal dan tipis.

Nah untuk memperingati sepatu-sepatu yang pernah dikenakan atlet tim nasional Jepang di Olimpiade, bulan September ini, Onitsuka Tiger merilis ulang tiga sepatu ikonik serupa dengan yang dipakai tahun 1960, 1964, dan prototype Mexico 66.

Sepatu Nippon 60 Onitsuka Tiger yang dipakai delegasi Jepang pada Olimpiade musim panas Roma tahun 1960. Sepatu ini dipajang di museum Asics di Kobe, JepangKOMPAS.com/Wisnubrata Sepatu Nippon 60 Onitsuka Tiger yang dipakai delegasi Jepang pada Olimpiade musim panas Roma tahun 1960. Sepatu ini dipajang di museum Asics di Kobe, Jepang
Onitsuka Tiger Nippon 60 yang dirilis ulang berdasarkan sepatu yang digunakan delegasi Jepang di Olimpiade musim panas Roma 1960Onitsuka Tiger Onitsuka Tiger Nippon 60 yang dirilis ulang berdasarkan sepatu yang digunakan delegasi Jepang di Olimpiade musim panas Roma 1960
Yang pertama adalah Nippon 60 yang dibuat berdasarkan sepatu tim Jepang di Olimpiade 1960. Sepatu berbahan kulit ini menggunakan warna merah dan putih dengan tampilan retro.

Di bagian samping ada lingkaran merah di tengah latar putih seperti bendera Jepang. Sepatu ini juga memiliki sol lebih tinggi.

Namun seri ini hanya dibuat sebanyak 1964 pasang dan setiap pasang memiliki nomor seri berbeda yang dituliskan di sisi sepatu.

Baca juga: Sepatu Pertama Onitsuka Tiger, Seperti Apa Bentuknya?

Onitsuka Tiger Delegation 64 adalah sepatu yang dipakai delegasi Jepang pada Olimpiade musim panas Tokyo tahun 1964. Sepatu ii disimpan di Museum Asics di Kobe, Jepang.KOMPAS.com/Wisnubrata Onitsuka Tiger Delegation 64 adalah sepatu yang dipakai delegasi Jepang pada Olimpiade musim panas Tokyo tahun 1964. Sepatu ii disimpan di Museum Asics di Kobe, Jepang.
Onitsuka Tiger Delegation 64 yang dirilis ulang berdasarkan sepatu yang dipakai delegasi Jepang pada Olimpiade musim panas di Tokyo tahun 1964.Onitsuka Tiger Onitsuka Tiger Delegation 64 yang dirilis ulang berdasarkan sepatu yang dipakai delegasi Jepang pada Olimpiade musim panas di Tokyo tahun 1964.
Sepatu ke-dua yang dirilis ulang adalah Delegation 64, yang dikenakan delegasi Jepang tahun 1964. Sepatu ini dibuat seperti aslinya dengan bentuk lengkung pada bagian tengah sol, dan kulit pelapis di bagian tumit.

Hal yang istimewa adalah logo serupa huruf UI di samping sepatu, serta tulisan Tokyo Onitsuka di lidah sepatu, yang hanya terlihat pada model ini.

Seri ini juga dirilis terbatas, yakni hanya 1964 pasang, dengan nomor seri berbeda untuk tiap sepatu.

Baca juga: Kisah di Balik Kemiripan Onitsuka Tiger Corsair dan Nike Cortez

Prototype Onitsuka Tiger Mexico 66 ini dirilis ulang berdasarkan prototype asli yang kemudian menghadirkan sepatu ikonik Mexico 66Onitsuka Tiger Prototype Onitsuka Tiger Mexico 66 ini dirilis ulang berdasarkan prototype asli yang kemudian menghadirkan sepatu ikonik Mexico 66
Sementara rilis ke-tiga adalah prototype Mexico 66 yang hadir dalam warna paling terkenal yaitu kuning. Berbeda dengan sepatu Mexico 66 yang kita kenal saat ini, seri prototype memiliki sol yang tebal dan garis sejajar di sampingnya.

Prototype inilah yang kemudian dikembangkan menjadi seri paling ikonik dalam jajaran Onitsuka Tiger, dan yang pertama menggunakan garis khas seperti yang kita jumpai saat ini.

Seperti dua seri lainnya, sepatu ini juga dibuat terbatas hanya 1964 pasang dengan nomor seri berbeda untuk setiap pasang.

Ketiganya akan tersedia di toko resmi Onitsuka Tiger dengan harga Rp 2.299.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com