Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bermain Video Game, Pria Jepang Ini Turunkan Berat Badan hingga 10 Kg

Kompas.com - 23/09/2020, 05:05 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seperti kita tahu, menurunkan berat badan bisa mengubah penampilan secara drastis. Hal inilah yang dilakukan oleh YouTuber asal Jepang, yang memiliki nama samaran “Otaku” Kzm.

Ia mengunggah perubahan tubuhnya, yang dahulu tambun menjadi bugar dan memiliki otot six packs di bagian perut. Apa yang ia lakukan?

Pada bulan Juli, pengguna Twitter Jepang yang memproklamasikan diri sebagai “Otaku" Kzm ini membagikan foto dirinya sebelum dan sesudah menurunkan berat badan.

Tubuh Kzm tampak gemuk dalam foto yang diambil pada November 2019, dan menjadi lebih langsing dan berotot pada foto terbaru.

Dalam keterangan untuk unggahan yang telah mengumpulkan lebih dari 80.000 likes itu, dia menulis bahwa tubuh langsingnya ini adalah hasil dari memainkan permainan role-playing yang disebut Ring Fit Adventure selama enam bulan.

Permainan dari Game Nintendo Switch itu menggabungkan genre RPG (role playing game, di mana pemainnya akan memerankan suatu karakter) tradisional dengan tantangan berbasis latihan. 

Menurut Kzm, dia memainkan permainan tersebut sekitar lima hari seminggu selama satu jam, dengan sekitar 25 hingga 35 menit melakukan berbagai latihan yang diminta oleh game untuk diselesaikan.

Secara total, ia menghabiskan lebih dari 100 jam untuk bermain game tersebut, membakar hampir 22.000 kkal, dan mencatatkan waktu 175 km untuk berlari sesuai dengan pencapaian game tersebut.

Baca juga: Ditinggal Suami karena Gendut, Wanita Ini Turunkan Berat Badan 30 Kg

Ketika ditanya tentang berat aslinya oleh pengguna Twitter lain, Kzm menjawab bahwa dia sebelumnya memiliki berat badan sekitar 70 hingga 72 kg. Saat ini ia memiliki berat 58,5 kg, setelah kehilangan lebih dari 10 kg dalam waktu setengah tahun.

Dalam sebuah wawancara dengan J Town Net, gamers berusia 24 tahun itu mengatakan bahwa perubahan pada tubuhnya dimulai sekitar satu setengah bulan setelah bermain game, ketika dia menyadari berat badannya turun secara bertahap.

Perubahan tersebut terasa ketika semua baju di lemarinya menjadi lebih longgar.

Beberapa aktivitas olahraga yang harus diselesaikan dalam permainan tersebut antara lain gerakan mountain climber, plank, dan boat pose. Menurut Kzm, tindakan ini sangat menantang sekaligus bermanfaat untuk kesehatannya.

Kzm mengaku masih makan seperti biasanya, ia masih mengonsumsi ham dan telur, tahu dan yogurt untuk sarapan, serta mi instan untuk makan siang.

Untuk makan malam, dia menyiapkan makanan sederhana yang terdiri dari salmon, nasi, sup miso, dan sayuran.

Dia juga membantah meminum protein shake untuk mendapatkan tubuh berototnya.

Baca juga: Rahasia Pria yang Sukses Turunkan Berat Badan 47 Kilogram

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com