Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Orang Obesitas Berisiko Alami Gejala Parah Covid-19

Kompas.com - 23/09/2020, 09:31 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki penyakit penyerta (komorbid) dapat meningkatkan risiko penyakit serius atau bahkan kematian jika seseorang terinfeksi Covid-19. Salah satu yang paling serius adalah obesitas, terutama obesitas yang parah.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa memiliki angka indeks massa tubuh (BMI) 30 atau lebih tinggi, meningkatkan risiko penyakit parah yang berkaitan dengan Covid-19.

“Dalam enam bulan terakhir kami melihat bahwa obesitas adalah faktor risiko untuk Covid-19 parah yang bisa membuat pasien masuk ke rumah sakit, lebih membutuhkan perawatan intensif, dukungan ventilator, dan meningkatkan risiko kematian," kata Direktur Bariatric & Metabolic Institute di Cleveland Clinic, Ali Aminian, MD, seperti dilansir Cleveland Clinic.

Alasan mengapa obesitas sangat memengaruhi pasien ketika terkena COVID-19 masih belum diketahui, tetapi Dr. Aminian memiliki beberapa penjelasan yang dapat diketahui.

Baca juga: UPDATE 22 September: Tambah 1.122 Kasus Covid-19 Jakarta, 1.624 Pasien Meninggal

1. Imunitas melemah

Pasien dengan obesitas (dan faktor risiko terkait seperti diabetes) sering menderita pelemahan kekebalan tubuh bawaan dan adaptif, membuat mereka lebih rentan terhadap infeksi.

2. Respons imun yang terlalu aktif

Obesitas adalah keadaan peradangan kronis yang menyebabkan tubuh pasien memproduksi sitokin dalam jumlah berlebihan.

Sitokin merupakan molekul yang berkomunikasi dan mengatur sistem kekebalan tubuh.

Infeksi Covid-19 juga memicu pelepasan sitokin. Jika digabungkan dengan kondisi obesitas, hal ini dapat menyebabkan jumlah sitokin berlebih dalam tubuh, yang disebut "badai sitokin". Pada akhirnya kondisi ini menyebabkan kerusakan pada banyak organ tubuh.

"Ini menjelaskan mengapa pasien dengan obesitas mengalami respons yang begitu arah terhadap Covid-19," ungkap Dr. Aminian.

Baca juga: Satgas: Diabetes Jadi Kasus Komorbid Terbanyak yang Diderita Pasien Covid-19

3. Risiko kardiovaskular

Pasien dengan obesitas sering kali memiliki penyakit kardiovaskular dan disertai dengan berbagai risiko terkait, seperti diabetes dan hipertensi. Semua faktor ini dapat berkontribusi pada kondisi keparahan pasien Covid-19.

Tenaga kesehatan menggunakan alat pelindung diri (APD) menyiapkan peralatan kesehatan di ruang isolasi pasien Covid-19 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (10/9/2020). Sebanyak 55 tempat tidur telah disiapkan pihak Pemerintah Kota Bekasi di stadion tersebut sebagai tempat untuk isolasi mandiri pasien Covid-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Tenaga kesehatan menggunakan alat pelindung diri (APD) menyiapkan peralatan kesehatan di ruang isolasi pasien Covid-19 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (10/9/2020). Sebanyak 55 tempat tidur telah disiapkan pihak Pemerintah Kota Bekasi di stadion tersebut sebagai tempat untuk isolasi mandiri pasien Covid-19.

4. Peningkatan risiko pembekuan darah

Pasien dengan berat badan berlebih memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami pembekuan darah, sebuah kondisi yang juga dikaitkan dengan Covid-19.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com