Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Dekor Minimalis demi Ruangan Rumah Lebih Lega

Kompas.com - 30/09/2020, 15:14 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Pinkvilla

KOMPAS.com - Memiliki rumah yang luas menjadi impian banyak orang, tetapi ruangan yang lapang pun bisa terasa sempit jika kita menyimpan banyak barang atau menatanya kurang efisien.

Ruangan yang lega di rumah bisa berdampak positif pada kesehatan mental seseorang. Beberapa trik dekor minimalis bisa menjadi cara untuk mulai menata ruangan di rumah, sehingga dapat menciptakan ruangan yang lebih lega dan menenangkan batin.

1. Mengisi lebih banyak tanaman daripada perabotan

Cara sederhana menata ruangan di rumah adalah dengan mengurangi pembelian perabotan, menyingkirkan perabotan yang sudah tidak diperlukan dan mengisi ruangan dengan lebih banyak tanaman.

Cara ini akan membuat kita lebih rileks dan tenang ketika berada di rumah. Tanaman diyakini dapat melepaskan hormon endorfin di otak dan pada akhirnya membawa lebih banyak energi positif di sekitar rumah.

Baca juga: Kesalahan Pemula yang Menyebabkan Tanaman Mati

Pot-pot tanaman mungil menambah kesegaran www.arsitag.com Pot-pot tanaman mungil menambah kesegaran

2. Mengecat dinding

Daripada membeli wallpaper mahal untuk menghiasi dinding, lebih baik lakukan pengecatan ulang di dinding rumah. Untuk memberikan sentuhan artistik yang elegan, kamu bisa menggambar mural sederhana di dinding dan menambahkan lampu-lampu unik.

Baca juga: 6 Warna Cat Dinding Paling Cocok untuk Si Ekstrovert

3. Mendonasikan pakaian

Ini idealnya menjadi rutinitas bulanan ketika kamu membersihkan rumah. Kebanyakan dari kita memiliki terlalu banyak pakaian dan masih merasa ingin membeli yang baru. Padahal, beberapa pakaian yang sudah ada di rumah belum tentu sering dipakai.

Untuk menambah ruang penyimpanan di lemari, mulailah memilih mana pakaian yang sudah kesempitan atau tak lagi ingin dipakai, lalu donasikan.

4. Singkirkan produk kecantikan yang tidak diperlukan

Membeli satu produk riasan wajah yang bisa digunakan untuk beberapa manfaat bisa membantu mengurangi tumpukan produk kecantikan di rumah.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengurangi tahapan perawatan kulit dan hanya memakai produk yang benar-benar diperlukan saja.

Beberapa produk yang kamu miliki di rumah mungkin saja sudah lama tidak kamu gunakan atau bahkan belum tersentuh sama sekali. Luangkan waktu untuk memeriksanya kembali dan singkirkan produk yang memang tidak kamu perlukan.

Baca juga: 5 Tips Mengusir Kebosanan dengan Menata Rumah ala IKEA

5. Buang makanan kedaluwarsa

Seberapa sering kamu mengecek semua makanan yang tersimpan di dalam lemari dapur atau kulkas? Jika kamu tidak bisa mengingatnya, cobalah lakukan sekarang.

Mungkin saja di antara makanan yang kamu simpan, terselip makanan yang sudah kedaluwarsa. Buang makanan tersebut agar tidak menimbulkan sakit pada anggota keluarga yang tak sengaja memakannya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Pinkvilla
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com