Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Kue Bulan dari Louis Vuitton, Gucci, dan Brand Mewah Lain

Kompas.com - 01/10/2020, 08:36 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com—Pertengahan musim gugur telah tiba, itu artinya, Mooncake Festival 2020 akan segera hadir.

Untuk menyambut momen ini, deretan brand mode terkemuka turut membuat kue desain masing-masing, bertemakan tradisi yang sudah berusia 3000 tahun itu.

Karena pembuatnya adalah brand fashion, maka detail kue dan kemasannya memiliki gaya yang khas selayaknya karya merek-merek terkenal tersebut.

Kebanyakan kue bulan ini dibuat dalam ukuran mini dengan isian lebih beragam seperti, puding, matcha, dan cokelat.

Kue bulan Guccigucci Kue bulan Gucci
Tahun ini deretan brand terkemuka sepertinya berlomba menampilkan presentasi paling mewah dari edisi khusus Mooncake Festival itu.

Untuk tahun ini, merek tradisional seperti Tiffany & Co., Loewe, Gucci, Louis Vuitton, Hermès, Fendi, CLOT, Versace, Alexander McQueen, dan Saint Laurent tampil lebih mewah.

Hampir tidak ada kotak timah tradisional yang biasanya digunakan untuk menyimpan kue bulan, tetapi sebaliknya, deretan brand tersebut memilih kotak kayu dan kertas halus dengan perangkat keras logam yang digunakan sebagai material.

Audemars Piguet ramaikan Mooncake Festival dengan menghadirkan lemari pajangan besar berlapis piano yang berfungsi ganda sebagai tempat meletakkan pajangan wayang-wayangan kecil. Hasil tangkap layar Hypebeast Audemars Piguet ramaikan Mooncake Festival dengan menghadirkan lemari pajangan besar berlapis piano yang berfungsi ganda sebagai tempat meletakkan pajangan wayang-wayangan kecil.
Kejutan terbesar datang dari Audemars Piguet di mana kue bulannya hadir dalam lemari pajangan besar berlapis piano yang berfungsi ganda sebagai tempat meletakkan pajangan boneka kecil. Set ini juga dikemas bersama teh China yang enak.

Adapula set Mid-Autumn display lamp dari Gucci’s “GG” menampilkan ornamen bintang pada bagian luar dan dalam kotak penyimpanan dan dan pemberat kertas ornamen "GG" Gucci yang digenggang oleh seekor kelinci. 

Hermès memilih menampilkan kotak bergambarkan roket dengan kelinci sebagai astronotnya untuk menyambun Mooncake Festival.Hasil tangkap layar Hypebeast Hermès memilih menampilkan kotak bergambarkan roket dengan kelinci sebagai astronotnya untuk menyambun Mooncake Festival.
Sedang kan Hermès memilih menampilkan kotak bergambarkan roket dengan kelinci sebagai astronotnya. Di dalam kotak terdapat lampu pajangan meja dengan ornamen kelinci astronot tadi.

Versace juga tak mau ketinggalan, brand ini merilis kotak perhiasan berwarna ungu dengan laci kecil yang juga bisa dipakai untuk menyimpan kue bulan mini berlogo V.

Kue bulan Tiffanytiffany Kue bulan Tiffany
Adapun budaya membuat kue bulan ta lepas dari festival pertengahan musim gugur yang diselenggarakan setiap tanggal 15 bulan ke-delapan pada kalender Tionghoa.

Awalnya, ini adalah perayaan syukur karena hasil panen yang melimpah, yang dilakukan rakyat Tiongkok sebelum memasuki musim dingin.

Sekarang momentum ini dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga, mengucap syukur dan juga berdoa bersama.

Sebagai tradisi untuk menjalin tali silahturahmi, masyarakat Tionghoa biasa mengirimkan harapan baik kepada keluarga, teman dan rekan bisnis dengan memberikan kue bulan (mooncake) sebagai simbol doa dan harapan baik akan kemakmuran dan harmoni kepada orang yang menerima.

Kini mooncake dibuat tidak hanya oleh keluarga, namun juga oleh berbagai perusahaan sebagai salah satu alat promosi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com