Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Elastico 7, Jersey Asal Bandung yang Tampil di Pentas Dunia

Kompas.com - 01/10/2020, 12:06 WIB
Reni Susanti,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Keberadaan logo produsen pada jersey tim olahraga dunia merupakan sebuah pencapaian tersendiri bagi perusahaan tersebut.

Di kancah Olimpiade atau Piala Dunia misalnya, merek-merek besar berlomba-lomba menggaet kontrak dengan tim atau atlet besar, demi mendongkrak reputasi mereka.

Kita tentu masih ingat ketika seorang legenda olahraga basket Michael Jordan sampai harus menyelimuti tubuhnya dengan bendera Amerika Serikat, ketika Dream Team meraih medali emas di Olimpade Barcelona 1992.

Aksi itu dilakukan Jordan -yang adalah atlet Nike, untuk menutupi logo Reebok sebagai sponsor AS, yang tersemat di pada jaket yang dia kenakan.

Baca juga: Jersey The Last Dance Michael Jordan Ditaksir Laku Rp 7,1 Miliar

Jadi, bisa dibayangkan betapa besarnya kebanggaan yang muncul ketika sebuah logo bisa muncul di pentas dunia, baik bagi si atlet dan juga -tentu saja produsen itu sendiri. 

Kebanggan serupa pula yang dirasakan Rizky Oktarahman, seorang pengusaha muda asal Kota Bandung, yang sukses mendirikan brand pakaian olahraga Elastico 7.

Siapa yang pernah mengira, brand lokal yang dibangun sejak tahun 2010, oleh Rizky dan seorang sahabatnya, Riyadi bisa berkembang seperti sekarang.

Tentu, merupakan kebanggaan tersendiri jika merek yang mereka bangun untuk memproduksi pakaian di bidang olahraga seperti sepakbola dan futsal, bisa menembus pasar dunia.

Apalagi, kemunculan Elastico 7 ada di tengah-tengah dominasi merek-merek besar dunia di lahan yang sama. 

Logo Elastico 7 tercatat pernah tersemat pada jersey tim nasional di ajang Homeless World Cup 2015-2016.

Baca juga: 3 Brand Streetwear Indonesia Mendunia, Isi Koleksi Urban Outfitters

“Salah satu yang tidak terlupakan dan menjadi kebanggaan adalah, saat Elastico 7 menjadi sponsor jersey Tim Nasional Indonesia pada ajang Homeless World Cup 2014 di Chile,” kata Rizky.

“Saya sangat terharu, karena Elastico 7 bisa bersanding dengan brand-brand terkenal di dunia, dan mengawal perjuangan timnas di kancah internasional,” tambah dia.

Lalu pernah pula Elastoico 7 dipakai tim nasional AllStar 2017, menjadi official support klub sepakbola legendaris Persib, hingga menjadi langganan Istana Kepresidenan.

“Masker Istana untuk peringatan HUT RI tahun ini pun dari Elastico 7."

"Itu karena Presiden Jokowi peduli sama produk lokal,” tutur Rizky dalam perbincangan dengan Kompas.com belum lama ini.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com