Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Mengombinasikan Batik dan Sneaker dengan Tepat?

Kompas.com - 02/10/2020, 09:04 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Busana batik biasanya dipakai saat kita ingin mendatangi acara-acara yang sifatnya formal, entah itu seminar, pesta pernikahan, rapat penting, atau acara resmi lainnya.

Padahal, batik bisa jadi item yang berkesan kasual lho. Caranya pun mudah, kamu tinggal memakai sneaker sebagai alas kaki.

Meski demikian, kita wajib menyesuaikan batik dengan celana dan sneaker yang mau kita pakai. Mau tahu bagaimana caranya? Simak ulasan di bawah ini.

1. Memilih sneaker bernuansa gelap

Agar penampilan kita tidak terlalu santai, bisa mencoba memadukan kemeja batik dengan celana bahan.

Sementara untuk pilihan alas kaki, cari sneaker yang memiliki nuansa gelap. Mengapa demikian? Sneaker yang berwarna gelap cenderung tidak menarik perhatian orang, dan pastinya tidak mudah kotor.

Atau, bisa juga kita memakai batik dengan celana jeans. Namun lagi-lagi, pilih sneaker yang berwarna gelap, seperti hitam, coklat tua, atau abu-abu.

2. Batik berlengan pendek dan sneaker berbahan suede

Ambil kemeja batik berlengan pendek yang bernuansa earth tone, seperti coklat atau beige, dari lemari.

Terus, tambahkan celana chino hitam atau coklat sebagai bawahan. Sempurnakan tampilan batik dan celana chino tersebut dengan sneaker berbahan suede, sehingga kita terlihat kasual dan lebih manly.

3. Sneaker berwarna putih

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Cari komunitasmu???? Belajar dari trend anak gowes (dan yang lain lain), agar semangat biasanya berkumpul dalam satu komunitas. Komunitas gowes jadi salah satu komunitas yang populer dan berhasil bikin olahraga jadi gaya hidup. Dalam komunitas, kita akan bisa menjaga (memaintain) motivasi kita. Ketika kita lelah, melihat semangat anggota lain, maka kita akan terpacu lagi dan lagi. Sama halnya ketika kita mulai bikin sesuatu atau bertekad mau meraih sesuatu. Kita akan bergabung dengan satu komunitas atau bisa juga, kita sendiri yang bikin komunitas utk penyemangat kita. Bisa dimulai dari keluarga inti, atau sobat deket. Terutama buat yang baru belajar bikin usaha, atau berhenti kerja karena mau bikin kantor sendiri. Jaga apimu ya agar tetap menyala. Cari komunitas mu yang membuaf bara nya tetap ada. Selamat nyore kawan2. Gunakan sosial media dengan bijak. Nikmati kehidupan asli di luar sana. Yuk gowes????

A post shared by Didiet Maulana (@didietmaulana) on Dec 2, 2019 at 1:54am PST

Jika di poin sebelumnya kita dianjurkan untuk memakai sneaker yang berwarna gelap, kali ini pilih sneaker yang bernuansa cerah seperti putih.

Sneaker putih bisa tampak keren jika kita memakai batik dengan corak terang atau cerah.

Sedangkan untuk celana, kita dapat memakai celana dengan potongan nonformal seperti celana chino.

Tidak punya celana chino? Jeans atau jogger pants hitam, biru tua, atau abu-abu bisa jadi alternatif.

4. Batik bermotif abstrak dan sneaker berbahan kanvas

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Pake batik kembaran????????

A post shared by Dian Sastrowardoyo (@therealdisastr) on Aug 23, 2020 at 2:03am PDT

 

Batik yang memiliki motif abstrak dapat kita pertimbangkan saat kita ingin menghadiri pesta yang tidak terlalu formal.


Sebagai contoh, kenakan batik bermotif abstrak sebagai atasan untuk menghasilkan kesan modern, lalu lengkapi dengan celana jeans hitam dan sneaker berbahan kanvas demi kenyamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com