Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2020, 15:15 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Pinkvilla

KOMPAS.com – Sejak kebijakan kerja dari rumah atau work from home (WFH) diberlakukan karena pandemi Covid-19, banyak dari kita menatap gadget atau gawai jauh lebih lama dari biasanya. Hal ini tentunya tidak baik untuk kesehatan mata.

Menatap layar gawai selama berjam-jam dapat menyebabkan masalah penglihatan. Sebut saja mata kering, berkaca-kaca, mata lelah, hingga merasa sakit kepala.

Bila dibiarkan, tentunya hal itu bisa bertambah parah. Untuk menjaga kesehatan mata, ada lima langkah sederhana yang bisa dilakukan. Berikut ulasannya.

1. Batasi waktu layar

Saat WFH, kebanyakan orang seolah tidak bisa lepas dari gawai. Entah karena mengerjakan tugas di laptop maupun menonton serial favorit di ponsel. Kebiasaan itu tentu harus diubah.

Pasang pengingat atau alarm setiap dua jam sekali untuk beristirahat dari layar gawai. Paling tidak istirahatkan mata selama 20 detik dan pandanglah obyek minimal enam meter.

Baca juga: 7 Masalah Kesehatan yang mengintai Selama WFH

2. Konsumsi makanan tinggi vitamin A dan C

Pola makan seimbang dan memilih nutrisi yang tepat sangat penting untuk kesehatan penglihatan. Pilihlah makanan yang kaya vitamin A dan C. Bisa juga mengonsumsi salmon karena mengandung asam lemak omega-3 esensial

3. Pakai masker mata

Menatap layar gawai selama berjam-jam menyebabkan ketegangan di saraf mata. Oleh karenanya, penting untuk membuat saraf tersebut rileks kembali.

Gunakan masker mata gel (eye pads) untuk menenangkan mata. Bisa juga mengompres menggunakan es atau mentimun untuk menghilangkan mata berair dan merah.

Baca juga: Seburuk Apa Cahaya Biru dari Gawai Hingga Lampu LED ke Mata

4. Tidur nyenyak

Langkah penting untuk menjaga kesehatan mata adalah mendapatkan tidur nyenyak. Mengistirahatkan mata sama pentingnya dengan mengistirahatkan tubuh. Mata perlu memulihkan kekuatannya dan tidur cukup adalah kuncinya.

5. Pakai kacamata anti UV

Sinar ultraviolet pada matahari berbahaya untuk kesehatan mata. Oleh karenanya, saat beraktivitas di luar rumah usahakan untuk memakai kacamata hitam anti UV yang bisa melindungi mata dari sinar UVA dan UVB.

Baca juga: Cara Mudah Melindungi Kulit dari Sinar Ultraviolet

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Pinkvilla
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com