Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menghadiri Acara Keluarga di Tengah Pandemi, Bagaimana Mencegah Tertular Covid-19?

Kompas.com - 10/10/2020, 07:00 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Today

KOMPAS.com - Meski anjuran untuk di tidak bepergian dan tetap di rumah saja selama pandemi terus digaungkan, namun masih ada saja masyarakat yang sudah merencanakan liburan atau menghadiri acara keluarga di akhir pekan.

Para pakar penyakit menular khawatir orang-orang akan lengah ketika memasuki mode liburan dan melupakan apa yang sedang terjadi.

Direktur Pusat Kepemimpinan dalam Praktik Kesehatan Masyarakat di Universitas South Florida, Dr. Marissa Levine, mengingatkan bahwa Covid-19 belum hilang dan tidak ada orang yang bebas dari risiko terinfeksi.

"Orang-orang mungkin ingin kembali normal. Tapi, jika kita lengah sekarang, itu bisa sangat bermasalah, apalagi saat ini sudah memasuki musim flu," katanya seperti dilansir Today.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) pertemuan tatap muka, selain bersama anggota keluarga yang tinggal satu atap, mungkin lebih berisiko, tergantung pada beberapa faktor. Seperti di mana pertemuan diadakan, berapa lama orang-orang berkumpul, berapa banyak orang yang ada, hingga dari mana mereka berasal.

Baca juga: Jangan Tunggu Vaksin Covid-19 Datang, Terapkan Pola Hidup 3M Segera

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menginventarisasi risiko Covid-19 yang akan kamu hadapi dan faktor risiko orang di lingkungan tempat tinggalmu. Jika sudah memetakan risikonya, kamu bisa mengambil keputusan apakah aman untuk hadir atau tidak, atau bahkan menjadi tuan rumah acara keluarga.

Orang yang berusia di atas 60 tahun atau memiliki masalah kesehatan yang mendasari, seperti paru-paru atau penyakit jantung benar-benar harus berpikir dua kali tentang berpartisipasi dalam acara keluarga, terutama jika ada penularan yang signifikan di komunitas tersebut.

Periksalah peta sebaran Covid-19 di wilayahmu masing-masing dan tempat tujuanmu jika kamu akan bepergian.

Jika risiko penularan tinggi, pastikan tamu yang hadir terbatas atau pertimbangkan untuk tetap berada di rumah.

Kemudian, komunikasikan dengan orang yang tinggal satu rumah denganmu. Ambil keputusan bersama apakah kamu atau kalian bisa pergi atau tidak.

Terapis Keluarga, Profesor Ilmu Sosial Keluarga di University of Minnesota di St. Paul dan Direktur Minnesota Couples on the Brink Project, William Doherty, mengatakan, jika kamu memutuskan untuk melewatkan pertemuan, ungkapkan rasa penyesalanmu pada pengundang.

"Katakanlah bahwa kamu merasa tidak enak karena tidak bisa hadir. Itu sangat menyakitkanmu dan kamu tidak berharap demikian."

"Sampaikan bahwa kamu tahu keputusanmu mungkin akan mengganggu banyak orang, tetapi itu adalah keputusan terbaik yang telah kamu ambil," ungkapnya.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Orang Terdekat Terinfeksi Covid-19

Meminimalisasi risiko infeksi
Jika kamu akhirnya memutuskan untuk hadir di acara keluarga tersebut, pastikan acara lebih banyak dilakukan di luar ruangan, di mana sirkulasi udaranya lebih baik dan ada lebih banyak ruang untuk menerapkan jaga jarak.

Opsi tersebut selalu lebih aman. Namun, jika ada kendala cuaca atau hambatan lainnya, pastikan pula beberapa tindakan pencegahan berikut bisa dilakukan:

  • Jika memungkinkan, biarkan jendela atau pintu terbuka. Menurut CDC, acara yang dilakukan di dalam ruangan dengan ventilasi buruk akan lebih berisiko daripada ruangan dengan ventilasi yang baik.
  • Dorong orang yang hadir untuk membawa dan menggunakan masker. Ini akan cukup membantu jika aturan jaga jarak tidak optimal.
  • Berlatih menerapkan aturan jaga jarak. Kamu bisa menggunakan barang tambahan, misalnya menempatkan kursi sebagai jarak atau menyiapkan dua meja makan sehingga orang-orang bisa duduk lebih berjarak.
  • Hindari memeluk kerabat.
  • Jika kamu menginap, pertimbangkan untuk memilih menginap di hotel daripada di satu rumah yang sama dengan yang lain. Apalagi jika rumah tersebut tidak terlalu luas.
  • Pastikan jumlah tamu terbatas. Menurut Levine, memang tidak ada aturan pasti yang disebit aman, jadi para ahli tidak dapat menentukan jumlah orang yang pasti. Namun, semakin sedikit orang akan semakin baik dan risiko akan meningkat jika jumlah orang lebih banyak.
  • Jangan datang jika kamu sakit atau menunjukkan gejala. Jika kamu pernah berkontak dengan seseorang yang terinfeksi Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir, usahakan kamu juga tidak pergi atau menjadi tuan rumah.

Baca juga: Seperti Apa Gejala Ringan yang Dirasakan Penderita Covid-19?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Today
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com