Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takut Minder di Hari Pernikahan, Motivasi Jess Turun Bobot 45 Kg

Kompas.com - 12/10/2020, 06:00 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Popsugar

KOMPAS.com - Selama 19 tahun Jessica Messina (26) berjuang keras dengan masalah berat badan berlebih. Ia sudah mencoba berbagai cara diet dan mencoba lebih bergerak aktif, namun usaha itu tak membuahkan hasil.

"Aku sudah kelebihan berat badan sejak usia 5 tahun. Aku sudah mencoba banyak hal tapi tidak ada yang berhasil," katanya, kepada POPSUGAR

Jess memulai perjalanan dietnya di 2012, ketika duduk di bangku kuliah. Saat itu beeat badannya mencapai sekitar 136 kg di usia yang masih 18 tahun.

Salah satu motivasi terbesarnya untuk berdiet adalah karena memikirkan masa depan, terutama hari pernikahannya

"Kapan pun hari itu akan tiba, aku ingin melihat versi terbaik diriku. Aku tidak mau merasa minder atau khawatir dengan penampilanku ketika melihat di foto nanti," ungkap perempuan asal Kanada itu.

Jess juga begitu menyukai anak-anak. Salah satu ketakutan terbesarnya adalah tidak bisa memiliki anak jika tetap memiliki berat badan tidak sehat seperti dulu, karena ia akan berisiko dan rentan mengalami komplikasi.

"Berat badanku saat itu 136 kg, haidku tidak teratur. Aku juga memiliki tekanan darah tinggi dan mungkin punya banyak masalah kesehatan yang belum terdiagnosa," ungkap Jess.

Siap membuat perubahan, ia pun bergabung jadi anggota pusat kebugaran di sekolah dan berat badannya mulai turun perlahan.

Di tahun pertama universitas hingga tahun keempat, ia berhasil menurunkan berat badan nyaris 32 kg. Namun, ia tak selalu mendapatkan hasil yang menyenangkan sebab berat badannya sempat sulit turun di 2018. Hingga kemudian ia mengubah pola olahraganya.

Transformasi berat badan Jessica Messina.Tangkap layar POPSUGAR Transformasi berat badan Jessica Messina.

Secara keseluruhan, Jess berhasil menurunkan bobot sebanyak 45 kg. Selain menimbang, sejak awal ia juga memantau perjalanannya dengan mengukur lingkar pinggang. Ia berhasil menguranginya total sebanya 93 inci.

"Untuk baju, ukuranku turun dari XXL menjadi XS. Dan dulu aku menggunakan lubang terakhir di gelang Fitbit-ku dan sudah terasa sangat ketar, kini aku bisa menggunakan lubang pertama," katanya.

Baca juga: Turunkan Berat Badan 9,5 Kg Cuma 2,5 Bulan, Mau Tiru?

Pola makan
Rahasia pola makan Jess adalah mengontrol porsi makan secara moderat dan menerapkan defisit kalori. Dengan begitu, ia tidak pernah merasa begitu kelaparan.

"Ini tentang perubahan gaya hidup. Aku mencatat asupan gizi makro dan kalori setiap hari, itu penting untuk menjaga penurunan berat badan," paparnya.

Ketika sedang diet, ia mengonsumsi antara 1.600-1.800 kalori per hari. Namun kini ia mengonsumsi 1.800-2.200 kalori perhari, tergantung aktivitas fisiknya hari itu.

Saat ini, Jess memiliki target untuk membangun otot.

Halaman:
Sumber Popsugar
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com