Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/10/2020, 18:23 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber livekindly

KOMPAS.com - Saat ini memelihara tanaman sedang menjadi tren, dan banyak orang mulai memburu berbagai jenis tanaman.

Hal ini antara lain terjadi karena pandemi, di mana kebiasaan pergi ke luar rumah juga menjadi berkurang sehingga orang memiliki lebih banyak waktu di rumahnya.

Nah, menariknya, memelihara atau merawat tanaman itu justru punya banyak manfaat bagi kesehatan mental.

Bahkan, sebuah organisasi nirlaba American Horticultural Therapy Association telah mengadvokasi kekuatan terapeutik dalam merawat tanaman di rumah, industri perawatan kesehatan, dan lingkungan akademisi.

Terapi hortikultura sebenarnya sudah digunakan sejak akhir abad ke-19 ketika bapak psikiatri Amerika, Dr. Benjamin Rush mendokumentasikan efek positif dari tanaman terhadap pasien penyakit mental.

Sampai sekarang, taman terapeutik ada di rumah sakit dan fasilitas perawatan sehingga lebih banyak yang bisa mendapatkan manfaat dari merawat tanaman.

Baca juga: Tanaman Kini Diresepkan untuk Atasi Kecemasan dan Depresi

Lebih lanjut, berikut ini manfaat dari merawat tanaman bagi kesehatan mental yang dilansir dari laman Livekindly.

1. Mengurangi rasa cemas dan stres

Beberapa penelitian kecil telah menganalisis hubungan berada di dekat tanaman dalam ruangan dengan tingkat stres yang lebih rendah.

Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan di Journal of Physiological Anthropology menemukan, bahwa berinteraksi dengan tanaman dalam ruangan dapat mengurangi stres secara psikologis dan fisiologis.

Studi lain dari Jepang menyimpulkan, hanya dengan menatap tanaman di meja kerja saja kita dapat mengurangi tingkat kecemasan.

Jika ingin menambahkan sedikit tanaman hijau ke meja tetapi tidak mendapatkan sinar matahari yang baik, cobalah sesuatu yang tahan cahaya redup seperti tanaman lidah mertua (sansevieria) atau tanaman laba-laba (chlorophytum comosum).

Ada juga bukti bahwa menyimpan bunga di rumah dapat membantu kita merasa lebih bahagia, lebih rileks, dan stres berkurang.

Baca juga: 9 Tanaman Penghasil Oksigen yang Bikin Udara Lebih Segar

2. Membangun konsentrasi dan ingatan yang kuat

Mengalami kesulitan fokus di meja kerja saat bekerja di rumah? Berada di sekitar tanaman mungkin baik untuk membangun konsentrasi.

Halaman:
Sumber livekindly
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com