Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2020, 06:06 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masa pandemi yang membuat kita banyak menghabiskan waktu di rumah, mungkin membuat bosan dengan gaya interior rumah.

Nah, kamu bisa menghilangkan kejenuhan dengan mencoba gaya rustic untuk membuat tampilan bagian dalam rumah terkesan nyaman dan fresh.

Menurut laman House Beautiful, istilah rustic memiliki pengertian cukup luas, karenanya, banyak gaya desain yang berbeda benar-benar bisa masuk ke dalamnya.

Dalam definisi yang paling dasar, rustic dideskripsikan sebagai desain yang natural, kasar, tua, dan kasual, jadi ada banyak gaya berbeda yang bisa jadi rustic.

Gaya ini sangat cocok untuk diterapkan pada ruang tamu atau ruang keluarga untuk memberikan kesan nyaman yang natural.

Kini konsep gaya dekorasi rumah rustic semakin luas dengan memberi lebih banyak fokus pada barang-barang alami dan dapat dilengkapi dengan barang-barang vintage juga.

Berikut adalah tips dan ide untuk membuat ruangan di rumah tampil dengan gaya rustic.

1. Sofa kayu yang ramping

Sofa dengan frame kayu 

www.createandbarrel.com Sofa dengan frame kayu
Kamu bisa membeli sebuah sofa dengan model ramping untuk menciptakan kesan ruang  rustic. Pilih sofa berwarna kayu, yang warnanya bisa kamu samakan dengan pintu, jendela, atau lantai dari kayu.

2. Dinding kuno

ilustrasi gaya rusticshutterstock ilustrasi gaya rustic
Kesan rustic juga bisa didapatkan lewat tampilan tembok yang terkesan lawas. Misalnya mewarnai tembok dengan menggunakan cat putih atau dengan pewarna berbasis kapur untuk menambahkan pesona kuno.

Kamu juga bisa membiarkan batu atau bata terekspos untuk menambah kesan rustic, dipadukan dengan lantai kayu atau perabotan kayu yang dibuat sederhana.

3. Furnitur kayu

Material bekas yang dimanfaatkan kembali menjadi sebuah elemen rustic yang menarik perhatian di AA Residence karya Bitte Design Studio
www.arsitag.com Material bekas yang dimanfaatkan kembali menjadi sebuah elemen rustic yang menarik perhatian di AA Residence karya Bitte Design Studio
Furnitur dengan warna kayu yang hangat dapat dipilih untuk tampilan alami ini. Umumnya gaya rustic cenderung membiarkan tampilan kayu agak kasar untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman dan hangat.

Kita bahkan bisa menggunakan kayu bekas yang didaur ulang sebagai bahan perabotan atau furnitur tersebut. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com