Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2020, 11:13 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 membuat masyarakat melakukan upaya lebih untuk menjaga kesehatannya. Salah satunya dengan beralih pada makanan dan minuman alami.

Produk alami yang bebas bahan kimia buatan diasosiasikan dengan sesuatu yang sehat karena lebih aman dan berkualitas terjamin.

Menurut penelitian global FMCG Gurus yang berjudul 'The Future of Naturalness 2020', makanan alami dianggap otentik, bergizi, berkelanjutan, dan layak dipercaya oleh konsumen.
Mereka percaya apa yang bagus untuk mereka juga akan bersifat ramah bagi lingkungan.

Survei tersebut juga menunjukkan peningkatan minat pada pola makan khusus seperti plant-based, vegetarian, dan flexitarian yang dikaitkan dengan dampak kesehatan lebih baik dan ramah lingkungan menjadi cerminan lain dari konsumen yang kini menjadi lebih sadar akan kesehatan.

Selain memilih bahan-bahan makanan yang minim pemrosesan, penggunaan bahan pewarna buatan juga jadi perhatian. Terutama untuk camilan yang dikonsumsi anak-anak.

Sebuah penelitian than 2007 oleh Universitas Southampton menemukan, campuran pewarna makanan buatan tertentu serta pengawet benzoate dapat meningkatkan level hiperaktivitas pada anak.

Memperhatikan daftar bahan pada kemasan produk akan menjadi faktor kunci untuk mengetahui apa yang masuk ke dalam pembuatan produk tersebut, termasuk penggunaan pewarna alami atau buatan yang akan dinyatakan dengan jelas.

Baca juga: Jangan Simpan 8 Bahan Makanan Ini di dalam Kulkas

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com