Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Onitsuka Tiger Rilis Sepatu Gunung Berbahan Gore-Tex

Kompas.com - 20/10/2020, 22:43 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Kamu mungkin mengenal Onitsuka Tiger sebagai sepatu yang cocok dipakai jalan-jalan ke mal atau untuk menunjang penampilan sehari-hari. Tapi tahukah kamu bahwa merek asal Jepang ini memiliki sejarah kuat di bidang olahraga?

Sepatu pertama yang dibuat Kihachiro Onitsuka bahkan adalah sepatu basket, karena olahraga itu menjadi populer di Jepang setelah tentara Amerika membawanya ke sana usai Perang Dunia 2.

Dalam perkembangannya, Onitsuka kemudian membuat berbagai macam sepatu, mulai dari sepatu lari, sepatu tenis, sepatu senam, hingga sepatu untuk naik gunung.

Baca juga: Sepatu Pertama Onitsuka Tiger, Seperti Apa Bentuknya?

Berbagai jenis sepatu outdoor Onitsuka Tiger yang dibuat tahun 1955 hingga 1968, disimpan di Museum Asics di Kobe, JepangKOMPAS.com/Wisnubrata Berbagai jenis sepatu outdoor Onitsuka Tiger yang dibuat tahun 1955 hingga 1968, disimpan di Museum Asics di Kobe, Jepang
Khusus untuk sepatu gunung atau sepatu outdoor, Onitsuka sudah membuatnya di tahun 1955 dengan nama Himarayan Nylon dan Himarayan Alpine.

Seri outdoor yang kebanyakan dinamai Himarayan ini --mengacu pada Pegunungan Himalaya-- terus dikembangkan sampai tahun 1960-an.

Salah satu seri yang menonjol dari koleksi outdoor ini adalah Himarayan Peak yang dirilis tahun 1966.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

. HMR PEAK LO 1966?????????????????HIMARAYAN PEAK????????????????????????????????HMR PEAK LO??10/3(?)????? #OnitsukaTiger #HMRPEAK #????????

A post shared by Onitsuka Tiger Japan (@onitsukatigerjp) on Sep 30, 2020 at 8:11pm PDT

Kini, 54 tahun kemudian, sepatu Himarayan Peak dirilis ulang dengan gaya modern, dalam model low cut dan high cut. Walau cocok dikenakan sebagai sepatu lifestyle, seri ini tetap memiliki fungsi sebagai sepatu outdoor.

Model low cut yang disebut HMR Peak menggunakan bahan nylon buatan Jepang untuk bagian atasnya, dilengkapi midsole FlyteFoam untuk memberi bantalan yang nyaman sekaligus ringan, meski bagian ini dibuat tebal.

Sementara model High Cut atau HMR Peak GT-X dilengkapi bahan Gore-Tex tahan air di bagian upper yang memungkinkan kaki pemakainya tetap kering walau dipakai saat hujan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

. HMR PEAK G-TX ???????????????????????????????????????????????????HMR PEAK G-TX?? #Onitsukatiger #HMRPEAK #????????

A post shared by Onitsuka Tiger Japan (@onitsukatigerjp) on Oct 2, 2020 at 6:04pm PDT

Sedangkan bagian outsole kedua seri ini dibuat dari material campuran dengan desain layaknya sepatu outdoor, dengan kemampuan mencengkeram agar pemakainya tidak mudah terpeleset saat berjalan di medan yang berat.

Kedua seri ini juga dilengkapi outsole karet yang diperkuat di bagian tumit, untuk menghadapi jalanan yang kasar.

Dan seperti semua sepatu Onitsuka Tiger lainnya, walau berakar dari olahraga, seri Himarayan ini tetap bakal tampak keren di kakimu walau kamu tidak memakainya di gunung.

Bila kamu tertarik, Onitsuka Tiger HMR Peak akan dipasarkan di Indonesia bulan November mendatang.

Baca juga: Onitsuka Tiger Rilis Ulang Tiga Sepatu Bersejarah dengan Logo Berbeda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com