Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2020, 11:20 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kegiatan bersepeda kini dipilih sebagian besar orang untuk berolahraga dan rekreasi. Namun, jangan sampai kegiatan yang menyehatkan ini justru membuat kita tertular Covid-19 karena pandemi belum berakhir.

Bagoes Hermanto, Vice President Indonesian Cycling Federation (ICF) mengingatkan pesepeda agar tetap mematuhi protokol kesehatan saat melakukan aktivitas di luar rumah, termasuk gowes.

"Kita harus terus memerhatikan protokol kesehatan. Bagi orang yang bersepeda untuk komuter, penggunaan masker jadi keharusan," katanya dalam konferensi pers "Bike for Hope" yang diadakan virtual pada Selasa (20/10/2020).

"Memang agak susah mengenakan masker saat kita menggunakan sepeda sebagai sarana olahraga. Untuk sport dan yang sifatnya berkelompok, pastikan jumlahnya terbatas dan jaga jarak, sehingga lebih aman," sambungnya.

Dia menambahkan, sebelum memutuskan untuk menggowes sepeda, tubuh kita harus berada dalam kondisi prima.

"Pola hidup kita pasti berubah. Istirahat yang cukup, dan konsumsi makanan bergizi. Sehingga saat kita bersepeda, performa akan meningkat," tutur dia.

Baca juga: Vidi Aldiano Pilih Sepeda Balap untuk Gowes Lintas Provinsi

Keamanan dalam bersepeda juga wajib diperhatikan, lanjut Bagoes.

Ia memandang kasus perampokan terhadap pengendara sepeda yang meningkat belakangan ini.

"Banyak kejadian di mana orang lagi asyik bersepeda, mereka dirampok, dibegal dan sebagainya. Kita ingin bersepeda bukan hanya sehat, tapi juga aman."

Redaksi Kompas.com bersepeda dalam rangka Gowes Ziarah HUT Ke-25 Kompas.com, Sabtu (12/9/2020). Ziarah ini mengunjungi makam Mohamad Latip, Ervan Hardoko, Kurniasari Aziza, P.K. Ojong, dan Jakob Oetama.KRISTIANTO PURNOMO Redaksi Kompas.com bersepeda dalam rangka Gowes Ziarah HUT Ke-25 Kompas.com, Sabtu (12/9/2020). Ziarah ini mengunjungi makam Mohamad Latip, Ervan Hardoko, Kurniasari Aziza, P.K. Ojong, dan Jakob Oetama.

Dalam kesempatan berbeda, dr Muliadi Limanjaya, Dokter Umum RS Pondok Indah Bintaro Jaya mengatakan, bersepeda di masa pandemi butuh persiapan lebih.

"Patuh protokol kesehatan menjadi kunci utama agar bersepeda tetap aman dan memberi manfaat untuk tubuh," ucap dia.

Muliadi memberikan sejumlah tips aman bersepeda di masa pandemi.

Baca juga: Rajin Bersepeda, Wulan Guritno Turun 4 Kg dalam 2 Minggu, Mau Tiru?

1. Mengenakan masker wajah
Mengenakan masker diperlukan untuk menjaga diri kita dan orang lain dari penularan penyakit atau virus.

Disarankan dr Muliadi untuk memilih masker dengan bahan yang mudah menyerap keringat, agar tidak mengganggu kenyamanan kita bersepeda.

2. Alat pelindung diri
Di samping memakai masker, alat pelindung diri lain seperti helm dan lampu sepeda juga wajib dipunya, terutama jika kita bersepeda di malam hari.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com