Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan yang Bermanfaat untuk Jaga Kesehatan Sistem Saraf

Kompas.com - 22/10/2020, 13:39 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sistem saraf pusat punya peran yang vital bagi kita. Terlebih sistem saraf pusat mengontrol sebagian besar fungsi tubuh dan pikiran.

Sayangnya, banyak orang yang melupakan pentingnya sistem saraf, padahal seiring dengan bertambahnya usia makin besar risiko gangguan saraf.

Salah satu cara menjaga kesehatan sistem saraf adalah memilih makanan yang tepat. Ada banyak makanan yang mudah didapat tapi bermanfaat untuk sistem saraf.

Makanan-makanan tersebut mengandung antioksidan, vitamin, lemak sehat, dan mineral esensial. Tak hanya untuk sistem saraf, makanan tersebut juga mencegah penyakit yang diketahui memengaruhi kesehatan saraf. 

Berikut lima makanan untuk meningkatkan kesehatan sistem saraf.

1. Alpukat

Buah yang satu ini kaya akan lemak sehat yang baik untuk tubuh. Selain itu, alpukat juga mengandung folat dan vitamin K.

Keduanya dibutuhkan untuk kesehatan sistem saraf pusat karena dapat mengurangi risiko stroke dan meningkatkan fungsi kognitif.

Baca juga: 5 Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan, Termasuk Cegah Stroke Lho!

2. Brokoli

Brokoli mengandung vitamin K dan kolinnya dalam jumlah tinggi. Selain itu, sayuran ini bisa membantu pikiran tetap tajam.

3. Kacang

Kacang-kacangan seperti almond, hazelnut, kenari, dan kacang mete kaya akan magnesium yang baik untuk sistem saraf.

Selain itu, kacang Brazil yang mengandung selenium juga bisa dijadikan pilihan. Mineral tersebut dibutuhkan oleh sistem saraf.

Baca juga: Kacang Tanah, Camilan Sehat untuk Kamu yang Sedang Diet

4. Oatmeal

Semangkuk oatmeal setiap hari membantu menstabilkan sistem saraf pusat. Oatmeal juga memberikan manfaat kesehatan secara keseluruhan, termasuk menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Rajin mengonsumsi oatmeal bisa membantu menurunkan berat badan karena tinggi serat. Selain itu, oatmeal juga bisa dijadikan pengganti nasi saat sarapan.

5. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang dikenal dengan nama katekin. Antioksidan tersebut baik untuk sistem saraf karena mencegah penuaan terkait stres di otak.

Selain menjaga asupan makanan, sangat penting berhenti merokok serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh setidaknya setahun sekali. 

Baca juga: 7 Tanda Kerusakan Saraf

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com