Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/10/2020, 20:20 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hingga kini banyak orangtua yang belum mengizinkan anaknya bermain di luar rumah karena pandemi Covid-19 tak kunjung usai.

Orangtua merasa khawatir anaknya bisa tertular penyakit. Oleh karenanya, mereka berusaha mencari kegiatan yang membuat anak merasa betah di rumah.

Akan tetapi, tak jarang orangtua kehabisan ide untuk bermain atau melakukan suatu kegiatan dengan anak. Menurut psikolog Saskhya Aulia Prima, hal itu wajar.

Hal ini dikarenakan sebagian besar orangtua menghabiskan waktu 24/7 bersama anak. Selain itu, saat berada di rumah, perasaan jenuh, bosan, dan cemas kerap melanda.

Belum lagi bila sudah mencoba mencari berbagai kegiatan, namun anak tetap merasa bosan dan rewel sehingga membuat orangtua merasa bingung.

Terkait hal ini, Saskhya mengungkapkan beberapa trik yang bisa dilakukan orangtua untuk menyiasati kebingungan karena kehabisan ide.

"Paling penting harus belajar ikhlas dan mengatur ekspektasi karena sekarang ini memang lagi sulit," ujar Saskhya dalam acara virtual Bincang Shopee, Kamis (22/10/2020).

Selain itu, orangtua harus mengubah pola pikir bahwa rasa bosan tidak sepenuhnya buruk bagi anak. Malah hal itu bisa menjadi cara untuk mengembangkan kreativitas anak.

Baca juga: Rasa Bosan Tak Selalu Buruk, Malah Bermanfaat, Percaya?

Saat bosan otak anak tidak berhenti terstimulasi. Hal itu malah bisa membuat anak menjadi kreatif dan melatih skill untuk masa depannya.

"Ketika sekarang anak belajar mengatasi kebosanan, nanti dia akan ketemu hal-hal untuk dirinya sendiri. Jadi biarkan anak berkreasi dengan apapun di rumah," kata Saskhya.

Trik lainnya, orangtua perlu memberikan waktu dan ruang kepada anak untuk bermain sendiri serta menciptakan kegiatannya sendiri.

Orangtua juga sebaiknya ikut bermain sesuai dengan arahan anak. Kebanyakan orangtua mungkin sibuk memikirkan kegiatan yang tepat tapi lupa menanyakan keinginan anak.

Hal itulah yang kemudian membuat orangtua merasa suntuk dan rasa bosan pada anak juga tak teratasi.

"Orangtua bisa mengajak anak mencari ide, setelahnya nanti ikutin aja arahan anak, anak maunya apa," imbuh Saskhya.

Terakhir, orangtua juga bisa memikirkan cara bermain lain dengan anak yang memiliki tema tertentu. Banyak sekali informasi di internet yang bisa menjadi referensi orangtua.

Baca juga: Sekolah Libur 2 Minggu, Ini Daftar Kegiatan agar Anak Tak Bosan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com