Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Perabotan yang Harus Dibeli Saat Punya Rumah

Kompas.com - 24/10/2020, 16:13 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Saat memiliki rumah untuk pertama kali, beberapa orang atau pasangan mungkin bingung menentukan perabotan apa yang harus dibeli terlebih dahulu.

Apalagi sekarang ini banyak sekali perabotan yang memiliki desain unik dan terlihat lucu, sehingga membuat orang tertarik untuk membelinya tanpa mengindahkan fungsi.

Sebaiknya hindari membeli perabotan hanya karena tertarik dengan desainnya. Sebab bisa jadi ujung-ujungnya malah tidak terpakai.

Menurut Home Living Lead Tokopedia, Fifa Italia, perabotan yang harus dibeli saat memiliki rumah adalah barang-barang esensial yakni perlengkapan kamar tidur, dapur, serta kamar mandi.

“Contohnya seperti kasur, bantal, dan furnitur kamar tidur lainnya. Selain itu beli juga peralatan dapur karena kita pasti butuh masak dan makan,” kata Fifa.

Baca juga: Trik Mengubah Furnitur Murah Terlihat Mewah

Perlengkapan kamar mandi juga tentunya tidak boleh terlupakan. Misalnya bak mandi, shower, gayung, gantungan, tempat menyimpan alat mandi, dan lain sebagainya.

Dalam webinar ‘Tips Membangun Rumah Bagi Pasangan Milenial’ kemarin, Fifa mengatakan saat ini banyak perabotan rumah tangga dari merek lokal yang digemari dan kualitasnya terjamin.

Untuk menghemat biaya, ia menyarankan pilihlah perabotan yang multifungsi. Contohnya kasur yang bisa dilipat (sofa bed) atau meja yang di bagian bawahnya ada tempat penyimpanan.

Perabotan multifungsi sekarang ini sangat dibutuhkan karena kebanyakan tempat tinggal memiliki lahan terbatas.

Dengan adanya perabotan multifungsi, maka tempat tinggal bisa terlihat lebih luas dan nyaman untuk ditinggali.

Baca juga: Agar Rumah Penuh Barang Bisa Lebih Artistik

Satu sisi serbaguna sebagai area dapur sekaligus servis www.arsitag.com Satu sisi serbaguna sebagai area dapur sekaligus servis

Hal senada juga diungkapkan oleh Brand Manager Informa Custom Furniture Martha Xu. Menurutnya saat ini perabotan multifungsi sangat diminati oleh pasangan milenial.

Terlebih perabotan seperti itu terkadang dilengkapi oleh aksesoris atau teknologi yang menarik.

Namun, Martha mengingatkan jangan sampai perabotan dibeli hanya karena terlihat keren.

Oleh karena itu, sebaiknya sebelum membeli perabotan buat daftar barang-barang yang diperlukan dalam rumah. Setelah itu perabotan hanya tinggal memenuhi kebutuhan tersebut.

“Beli furniture dari awal pertimbangkan fungsinya, jangan malah tidak mendukung kegiatan sehari-hari,” imbuhnya.

Baca juga: 8 Ide untuk Ciptakan Ruangan Bergaya Rustic

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com