Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2020, 18:29 WIB
Hotria Mariana,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Terbatasnya ruang gerak selama pandemi Covid-19 tak hanya berdampak bagi orang dewasa, tapi juga anak-anak. Khususnya, dalam hal psikis.

Psikolog Anak dan Keluarga Sani Budiantini Hermawan mengatakan, dunia anak-anak normalnya lebih banyak diisi dengan bermain bersama teman sebaya. Namun, kegiatan tersebut jadi tidak bisa dilakukan karena wabah virus corona tipe baru mengharuskan semua masyarakat segala umur menjaga jarak.

Karena itu, Sani menganjurkan orangtua untuk selalu meyakinkan anak-anaknya agar mereka bisa semangat dalam menghadapi pandemi.

"Semangati anak-anak dengan tetap menjaga komunikasi dengan temannya melalui virtual, bertukar foto, atau bertegur sapa," ujar Sani dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (24/10/2020).

Baca juga: Wajib Pakai Masker, Dokter Beri Kiat untuk Orangtua Edukasi Anak

Selain itu, Sani juga mengimbau para orangtua untuk memasukkan penjelasan soal virus corona dalam pengasuhan anak di rumah sehari-hari.

Penjelasan tersebut termasuk cara pencegahan seperti penerapan protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Tentunya, cara penyampaiannya dengan bahasa yang mudah dipahami dan tidak menimbulkan ketakutan.

Langkah tersebut Sani anjurkan lantaran ia mengalami lonjakan pasien dengam keluhan psikologis. Terutama, orangtua yang mengalami kendala dalam mengasuh anak-anak di rumah.

Di sisi lain, pendongeng ternama asal Aceh Agus Nur Amal mengatakan, orangtua bisa memberikan pemahaman soal situasi saat ini lewat mendongeng.

Untuk alat bantu mendongeng, Agus yang lebih dikenal dengan nama PM Toh pun merekomendasikan penggunaan barang-barang di rumah atau benda yang punya kedekatan dengan anak. Misalnya, boneka.

"Itu menjadi solusi efektif dalam memberikan pemahaman kepada anak. Lewat alat bantu barang yang dekat dengan anak-anak mereka akan senang dan pesan bisa sampai," ujar PM Toh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com