Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/10/2020, 17:35 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber RTE News

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 membuat banyak orang dilanda stres hingga akhirnya berdampak pada jam tidur mereka. Tak sedikit yang jadinya sulit tidur dan mengalami insomnia.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, mulai dari membatasi paparan gadget di malam hari, melakukan meditasi, hingga berolahraga. Hal lain yang tak kalah penting adalah memperhatikan menu makan malam.

Makanan tertentu ternyata dapat membantu seseorang memiliki waktu tidur yang lebih baik. Berikut ulasannya.

1. Kacang-kacangan

Kacang renyah seperti almond, kenari, pistachio, dan kacang mete dikatakan dapat meningkatkan kualitas tidur. Hal ini karena bahan pangan tersebut mengandung melatonin, hormon yang memberi sinyal pada tubuh waktu untuk tidur.

Selain itu, kacang-kacangan juga tinggi protein, serat, dan lemak esensial. Ada pula kandungan magnesium dan seng yang dapat menunjang tidur.

Ada pula penelitian yang menunjukkan makan segenggam kacang setiap hari dapat meningkatkan kadar serotonin, hormon yang juga membuat seseorang merasa lebih bahagia.

Baca juga: 5 Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan, Termasuk Cegah Stroke Lho!

Ilustrasi olahan daging ayam.SHUTTERSTOCK Ilustrasi olahan daging ayam.

2. Daging unggas

Daging unggas seperti ayam kalkun, ayam panggang, bebek goreng, dan sebagainya dapat membantu seseorang tidur tepat waktu.

Unggas kaya akan protein dan mengandung banyak asam amino. Salah satunya triptofan yang bisa memicu tidur karena digunakan otak untuk mensintesis hormon melatonin.

Tubuh tidak bisa membuat triptofan sendiri. Asam amino tersebut didapatkan dari makanan. Selain unggas, makanan seperti kedelai, biji-bijian, ikan berminyak, dan kacang-kacangan juga membantu.

Baca juga: Mengapa Jadi Susah Tidur Selama Karantina di Rumah?

3. Pasta

Mungkin bukan ide yang baik untuk mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat di malam hari. Tapi sesekali tidak ada salahnya agar jam tidur bisa diperbaiki.

Makanan tinggi karbohidrat seperti pasta dapat mendukung penyerapan triptofan di otak. Pada akhirnya hal ini membantu meningkatkan efek kantuk dan memudahkan seseorang untuk tidur.

4. Chamomile

Hindari minum minuman berkafein tinggi menjelang tidur karena bisa membuat mata sulit tertidur. Sebaliknya, minumlah minuman yang bisa meredakan stres dan menenangkan seperti chamomile.

Chamomile mengandung senyawa apigenin yang bekerja di reseptor otak untuk membantu memulai tidur.

Suatu studi 2016 menemukan orang yang rutin minum teh chamomile selama dua minggu mendapatkan tidur yang lebih baik. Selain itu, gejala depresinya juga rendah.

Baca juga: Adakah Waktu Makan yang Memicu Kenaikan Berat Badan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber RTE News
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com