Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaya Nutrisi, Inilah Manfaat Tanaman Lidah Buaya bagi Tubuh

Kompas.com - 27/10/2020, 06:06 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lidah buaya merupakan tanaman sukulen yang dipercaya memiliki banyak manfaat karena bersifat antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus.

Belum lagi, lidah buaya juga kaya akan nutrisi, dan bisa dikonsumsi dalam makanan atau jus.

Tanaman ini pun dapat dicerna secara oral atau dioleskan, tergantung pada manfaat kesehatan yang dicari.

Lebih lanjut, inilah yang perlu kita ketahui mengapa lidah buaya sangat bermanfaat dan bagaimana menggunakannya dengan aman dan efektif, dilansir dari laman Insider.

1. Meredakan sengatan matahari

Lidah buaya adalah salah satu pengobatan alami paling populer untuk meredakan sengatan matahari.

Selain itu, tinjauan sistematis tahun 2007 terhadap empat penelitian kecil menemukan, bahwa lidah buaya bermanfaat untuk penyembuhan luka bakar tingkat pertama, kedua, dan mempersingkat waktu penyembuhan secara keseluruhan.

Penggunaan terbaik gel lidah buaya adalah langsung dari tanamannya karena lidah buaya botolan dapat mengandung zat pengurang rasa yakni lidocain yang dapat mengiritasi kulit.

Untuk efek pendinginan lebih ekstra, simpan lidah buaya di lemari es dan gunakan gel dingin saat terbakar sinar matahari.

Baca juga: Lidah Buaya Dapat Mengobati Kulit Terbakar Matahari, Benarkah?

2. Mengurangi penyebab jerawat

Bersifat antiinflamasi dan antibakteri, lidah buaya berpotensi mengurangi bakteri penyebab jerawat dan meredakan kemerahan.

Belum ada penelitian resmi terkait bagaimana lidah buaya memengaruhi jerawat, tetapi bahan ini masih memiliki manfaat bila digunakan bersamaan dengan perawatan lain.

Secara khusus, menggunakan lidah buaya dalam hubungannya dengan perawatan jerawat yantelah terbukti secara ilmiah, seperti retinoid, dapat membantu mengurangi iritasi pada perawatan jerawat dan melawan kekeringan pada kulit.

Faktanya, sebuah studi kecil tahun 2014 yang terdiri dari 60 peserta berjerawat ringan hingga sedang diberikan retinoid topikal saja atau retinoid topikal dengan lidah buaya.

Hasilnya, kombinasi dengan lidah buaya lebih efektif daripada hanya menggunakan retinoid saja dan menunjukkan kalau lidah buaya bermanfaat untuk jerawat dalam kasus-kasus tertentu.

Baca juga: 4 Cara Memakai Lidah Buaya untuk Mengobati Jerawat

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com