Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2020, 21:07 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap perempuan pasti pernah mengalami keputihan ketika dalam masa subur atau secara aktif melakukan berbagai macam kegiatan.

Berdasarkan data dari WHO, sebanyak 60 persen perempuan berusia 15-22 tahun mengalami keputihan dan 40 persen perempuan berusia 23-45 tahun pernah mengalami keputihan.

Nah, ternyata selama masa pandemi Covid-19 ini, banyak perempuan yang juga sering mengalami keputihan saat bekerja dari rumah (WFH).

Menurut Aesthetic Gynecologist, Dr Dinda Derdameisya, SpOG, masalah keputihan selama WFH ini terjadi karena kita cenderung mengabaikan kebersihan daerah kewanitaan.

"Misalnya, selepas olahraga dengan baju yang ketat kita langsung bekerja tanpa berganti atau bersih-bersih terlebih dulu."

Demikian dikatakan dr Dinda saat konferensi pers virtual bersama Andalan Feminine Care melalui aplikasi Zoom, Kamis (5/11/2020).

Baca juga: Tak Perlu Cemas, Begini Cara Mengatasi Keputihan

Selain karena kita tidak membersihkan area kewanitaan, mengenakan celana olahraga yang ketat juga dapat menyebabkan keputihan.

Di samping itu, faktor stres karena WFH bisa menjadi pemicu terjadinya keputihan. Sebab, stres dapat meningkatkan peluang terkena Recurrent Vulvovaginal Candisiasis.

Recurrent Vulvovaginal Candisiasis merupakan jenis jamur yang dapat membuat vagina infeksi. Alhasil, kita akan merasakan gatal-gatal dan keputihan yang banyak.

"Makanya, walaupun kita hanya WFH. Bukan berarti tidak perlu mempedulikan kebersihan vagina. Jadi harus sering membersihkan area kewanitaan dan berganti celana dalam," ujarnya.

Baca juga: Kapan Keputihan Dianggap Tidak Normal?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com