Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebiasaan Baru, Stok Beragam Hand Sanitizer dan Disinfektan

Kompas.com - 06/11/2020, 09:32 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 yang belum juga selesai membuat masyarakat harus tetap waspada. Salah satunya dengan tidak lengah menjalankan protokol kesehatan, termasuk memastikan higienitas dan kebersihan diri.

Saat ini hand sanitizer ataupun disinfektan menjadi barang wajib yang harus ada di mana pun kita berada. Tak hanya untuk membersihkan tangan, tetapi juga memastikan makanan dan benda-benda yang digunakan selalu bersih.

Fenomena tersebut ditangkap oleh PT Victoria Care Indonesia melalui lini produk pembersihnya, Secret Clean. Sejak pandemi, Secret Clean telah menghadirkan beragam produk sanitasi dengan varian lengkap.

“Konsumen sekarang makin terbiasa menjaga kebersihan. Makanya, kami menyediakan semua kebutuhan sanitasi di era normal baru ini,” kata Chief Operating Officer PT Victoria Care, Sumardi Widjaja.

Ia menuturkan, proses pembuatan produk-produk pembersih tersebut cukup singkat. Hal itu juga didukung oleh proses perizinan yang mudah oleh Kementrian Kesehatan.

“Sebelum pandemi sebenarnya kami sudah membuat hand sanitizer sendiri, tetapi untuk keperluan sendiri di pabrik. Saat pandemi, kami langsung bergerak membuat sanitizer untuk beragam kebutuhan. Beruntung izin dari Kemenkes juga singkat karena saat itu ada kelangkaan di pasaran,” papar Sumardi.

Baca juga: Ada Virus Corona, Penjualan Produk Sanitasi di E-commerce Terus Naik

Beragam produk sanitasi dan kebersihan dari Secret Clean.Dok Secret Clean Beragam produk sanitasi dan kebersihan dari Secret Clean.

Selain cairan pembersih tangan dan sabun cuci tangan, Secret Clean juga menciptakan aneka pembersih untuk perabotan, termasuk disinfektan helm, perlengkapan ibadah, hingga pembersih makanan.

Dijelaskan oleh Brand Manager Secret Clean Yuki Dihana, tim di Victoria Care sejak awal memikirkan apa saja yang dibutuhkan masyarakat pada masa pandemi ini.

“Karenanya, kami juga membuat disinfektan helm untuk mereka yang ingin naik ojek online, hingga parfum higienis yang memiliki aroma lembut tetapi sekaligus mengandung antiseptik,” kata Yuki.

Ia menambahkan, produk terbaru dari Secret Clean adalah disinfektan aerosol mengandung minyak eucalyptus serta cairan pembersih untuk sayur dan buah.

“Sebelum diluncurkan kami meminta review dari dokter-dokter dan tanggapannya positif,” ujarnya.

Meski pandemi memberikan dampak pada berbagai bidang, di lain pihak kondisi ini membuat masyarakat semakin sadar pentingnya memiliki gaya hidup bersih.

Baca juga: 7 Cara Menjaga Kebersihan Diri untuk Mencegah Penularan Virus Corona

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com