Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan 12.000 Langkah Per Hari Lebih Efektif Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 10/11/2020, 09:21 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rutin jalan kaki bisa dijadikan pilihan olahraga untuk membakar lemak, menurunkan berat badan, dan mengubah bentuk tubuh.

Latihan ini jauh lebih ringan dibanding olahraga kardio lain yang memberi manfaat serupa. Namun, jalan kaki tidak semudah kelihatannya.

Ada target langkah yang harus dipenuhi agar jalan kaki memberikan manfaat kesehatan. Banyak orang percaya target langkah yang baik adalah 10.000 kaki per hari.

Akan tetapi, pelatih Libby Babet memiliki pendapat berbeda. Menurutnya, target yang lebih baik adalah 12.000 langkah sehari.

Berjalan kaki 12.000 langkah per hari dikatakan dapat menjaga kebugaran dan menurunkan berat badan. Babet mengungkapkan, target tersebut adalah kunci untuk mengubah bentuk tubuh.

“Target yang saya lihat untuk transformasi adalah lebih dari 12.000,” kata Babet dalam podcast Healthy-ish Alison Izzo, seperti dikutip Body and Soul.

Ia menambahkan, 12.000 langkah adalah standar emasnya. Target ini jauh lebih efektif daripada memaksakan diri untuk latihan hingga mencapai "batas" di gym atau naik tangga.

Baca juga: Jalan Kaki 15 Menit Punya Segudang Manfaat

Babet mengatakan, banyak atlet yang sangat mahir untuk berolahraga sekian jam per minggu dan melakukan latihan yang benar-benar efektif serta hebat.

Namun, para atlet itu masih belum mendapatkan hasil yang diinginkan dari segi bentuk tubuh maupun perasaan dan tingkat energinya.

Sebagai jawaban dari hal tersebut, Babet memberi saran, terutama kepada mereka yang melakukan latihan intensitas tinggi secara berlebihan, agar mengubah pola latihannya.

Melakukan latihan ringan empat kali setiap minggu serta rutin jalan kaki adalah cara yang lebih efektif untuk menurunkan berat badan serta membentuk tubuh.

"Secara harfiah, mendapatkan 12.000 langkah per hari dan 5-10 menit latihan kekuatan setiap hari atau dua hari sekali memberikan hasil yang lebih baik," ujar Babet.

Baca juga: Jalan Kaki Efektif Turunkan Berat Badan, Simak Tips-nya...

Selain itu, dia menjelaskan, jalan kaki termasuk latihan pembakaran lemak terbaik. Ini adalah latihan kardio low impact yang dapat membakar lemak yang disimpan.

Jalan kaki adalah salah satu hal yang sangat mudah diakses. Tetapi sungguh, sangat diremehkan," tambahnya.

Padahal, jalan kaki memberikan manfaat untuk bentuk tubuh, kinerja tubuh, kinerja energik, tidur lebih nyenyak, dan kesehatan mental.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com