Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/11/2020, 11:53 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber MSNBC

 

KOMPAS.com – Masker mata termasuk dalam skincare yang sedang tren. Masker yang dipakai di bawah mata ini ditujukan untuk menyegarkan mata yang lelah sekaligus mengurangi tanda penuaan. Seberapa efektif?

Karena kulit di sekitar mata sangat tipis, area ini menunjukkan tanda penuaan lebih awal di banding bagian kulit wajah lainnya. Garis halus di sekitar mata, lingkaran hitam, hingga kantung mata, merupakan tanda-tanda penuaan yang menjengkelkan.

Dokter dermatologi Doris Day menjelaskan, ada banyak faktor yang menyebabkan timbulnya tanda penuaan di sekitar mata.

“Selain faktor usia dan kurang tidur, dehidrasi, sering mengucek-ngucek mata, dan pola makan tidak sehat, juga berkontribusi pada timbulnya lingkaran hitam dan kantung mata,” kata Day seperti dikutip dari NBC News.

Bagi sebagian besar orang, rekomendasi tidur cukup 8 jam setiap malam terkadang sulit dipenuhi. Namun, ada produk-produk skincare yang memang ditujukan untuk melawan tanda-tanda penuaan di mata.

Selain krim mata, saat ini kita juga bisa menggunakan masker mata (eye patch) yang umumnya memiliki kandungan untuk melembabkan kulit.

Baca juga: Penyebab Keriput Pertama Muncul di Sekitar Mata

Menurut dokter dermatologi Dendy Engelman, kita memang butuh produk yang formulasinya spesifik untuk area kulit mata.

Produk masker mata disebut cukup efektif mengurangi bengkak pada mata dan membuat mata lelah terlihat lebih segar. Hal ini karena produk semacam ini umumnya mengandung pelembab yang bisa menghidrasi dan memelihara kulit.

“Pilih produk yang mengandung kandungan berkualitas tinggi seperti asam hialuronik dan ceramides, atau kandungan anti-penuaan seperti retinol dan niacinamide untuk mencerahkan kulit di bawah mata,” kata Engelman.

Ia menjelaskan, eye patch biasanya memiliki konsentrasi lebih tinggi karena harus bisa bertahan sekitar 20 menit untuk memberikan hasil segar yang instan.

Mayoritas produk masker mata yang baik juga bersifat oklusif atau mencegah kehilangan air di kulit dan ditambahkan zat aktif yang menghidrasi.

Engelman memberikan trik untuk pemakaian masker di bawah mata.

“Setelah memakai masker mata, angkat dan balik, lalu tempelkan di area garis senyum. Jika produk ini bisa menghindari area kulit seperti di bawah mata, seharusnya juga bekerja untuk area garis senyum,” katanya.

Baca juga: Mengapa Serum Wajah Tak Bisa Menggantikan Fungsi Krim Mata

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MSNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com